HUBUNGAN ACADEMIC BURNOUT DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
ABSTRAK
HUBUNGAN ACADEMIC BURNOUT DENGAN PERILAKU
PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PREKLINIK
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
Dinda Puspita Sari, Mohammad Rizki, Lale Maulin Prihatina
Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
Latar Belakang : Academic Burnout mengacu pada perasaan lelah akibat paksaan
untuk belajar (exhaustion), perasaan sinis terhadap tugas (cynicism), dan merasa tidak
kompeten sebagai siswa (low personal efficacy). Prevalensi academic burnout pada
mahasiswa kedokteran signifikan lebih tinggi dibandingkan mahasiswa program studi
lainnya dengan prevalensi di berbagai negara adalah 14,8 ? 79,9%. Salah satu dampak
dari academic burnout adalah ketidakmampuan dalam menyelesaikan tugas akademik
atau perilaku prokrastinasi akademik.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui adanya hubungan academic burnout dengan
perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran
Universitas Mataram.
Metode : Desain penelitian menggunakan cross sectional study. Populasi penelitian
adalah mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Teknik
pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling sebanyak 180
mahasiswa diikutkan dalam penelitian ini dengan pembagian 60 mahasiswa dari setiap
angkatan 2020, 2021, dan 2022.
Hasil : Pada penelitian ini didapatkan mahasiswa dengan high exhaustion sebanyak
106 mahasiswa (58,9%), 87 mahasiswa (48,3%) mengalami high cynicism, dan 87
mahasiswa (48,3%) memiliki low personal efficacy. didapatkan 157 mahasiswa
(87,2%) memiliki tingkat perilaku prokrastinasi akademik yang rendah, 13 mahasiswa
(7,2%) memiliki tingkat perilaku prokrastinasi akademik yang sedang, dan 10
mahasiswa (5,6%) memiliki tingkat perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi. Sari
hasil uji spearman didapatkan ketiga dimensi academic burnout yaitu exhaustion,
cynicism, dan personal efficacy memiliki korelasi yang signifikan bermakna dengan
perilaku prokrastinasi akademik (rE = 0,336; rCY = 0,268; dengan p
Tidak tersedia versi lain