TINGKAT KESESUAIAN CAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA KEDOKTERAN UNRAM DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN SKDI DI BIDANG THT-KL
ABSTRAK
TINGKAT KESESUAIAN CAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA
KEDOKTERAN UNRAM DENGAN METODE PEMBELAJARAN
BERDASARKAN SKDI DI BIDANG THT-KL
Nini Asri Rahmayunita, Hamsu Kadriyan, Eka Arie Yuliyani
Latar Belakang: Ilmu Kedokteran dan Pendidikan adalah bidang ilmu yang saling
mendukung. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan
kompetensi mahasiswa adalah metode pembelajaran. Metode pembelajaran
menjadi sangat penting di dalam kegiatan pembelajaran, karena metode
pembelajaran terus mengalami perkembangan sejalan dengan perkembangan ilmu
kedokteran. Standar minimal kompetensi mahasiswa yang harus dipenuhi adalah
sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI). Peningkatan
kompetensi mahasiswa program Studi Pendidikan Dokter merupakan tuntutan,
kebutuhan masyarakat danperkembangan teknologi kesehatan yang semakin luas
dan modern. Implementasi strategi pembelajaran dengan metode SPICES
merupakan strategi pendidikan yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh implementasi metode pembelajaran SPICES terhadap hasil
belajar mahasiwa pada bidang THT-KL.
Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan desain studi
cross sectional, yang melibatkan 46 responden dari 66 Mahasiswa Angkatan
Tahun 2019. Penelitian ini focus pada satu variabel independent yaitu metode
pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa pada Blok THT-KL sebagai variable
dependent. Data gambaran pelaksanaan pembelajaran THT-KL berbasis SKDI
didapatkan dari mahasiswa dengan menggunakan instrumen kuisioner dalam
bentuk google form, sementara data hasil belajar THT-KL didapatkan dengan
teknik dokumentasi yaitu menggunakan nilai THT-KL di bagian akademik
Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Kedua data tersebut telah diuji
validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan uji statistik Mann-Whitney dan
uji Spearman.
Hasil: Jumlah mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 46
orang terdiri dari 19 laki-laki dan 27 perempuan. Skor dari komponen dalam metode
SPICES yang didapatkan masing-masing adalah: 62.17% Community based
learning; 61.84% untuk Problem based learning; Integreted learning 58.70%;
Elective 58.59%, Student centered learning 58.26%; dan Systematic 56.76%.
Implementasi metode pembelajaran memberikan kontribusi signifikan terhadap
kemampuan akademik mahasiwa FK Unram dibidang THT-KL(p
Tidak tersedia versi lain