PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS RUMAH SAKIT TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PASIEN RAWAT JALAN KE RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM NUSA TENGGARA BARAT
ABSTRAK
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS RUMAH SAKIT TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PASIEN RAWAT JALAN KE RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM NUSA TENGGARA BARAT
Rizka Wulandari, Ahmad Taufik, Arfi Syamsun
Latar Belakang :Rumah sakit merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang berfungsi untuk meningkatkan derajat kesehatan msayarakat. Pasien akan mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan rumah sakit mana yang dipilih. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pasien untuk berkunjung ke rumah sakit yaitu biaya, kelengkapan fasilitas rumah sakit, kualitas pelayanan, dan akses menuju rumah sakit.Dari faktor-faktor tersebut, kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas rumah sakit merupakan faktor yang paling berperan.
Metode :Penelitian ini menggunakan desain analisis deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah sebagian paseien rawatjalan di rumah sakit Universitas Mataram pada tahun 2023.
Hasil :Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung pasien rawat jalan ke Rumah Sakit Universitas Mataram (p < 0,05, r = 0,560) dengan nilai korelasi yang kuat. Serta, hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan fasilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung pasien rawat jalan ke Rumah Sakit Universitas Mataram (p < 0,05, r = 0,307 dengan nilai korelasi yang cukup kuat.
Kesimpulan :Terdapat pengaruh positif signifikan kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas terhadap keputusan berkunjung pasien rawat jalan di Rumah Sakit Universitas Mataram.
Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Fasilitas Rumah Sakit, Keputusan Berkunjung, Rawat Jalan.
Tidak tersedia versi lain