HUBUNGAN ANTARA POSISI BELAJAR DAN LAMA DUDUK SELAMA BELAJAR DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI UNIVERSITAS MATARAM
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA POSISI BELAJAR DAN LAMA DUDUK SELAMA
BELAJAR DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA
MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI UNIVERSITAS MATARAM
Mohammad Zaariq Prasetyo, Dyah Purnaning, Herpan Syafii Harahap
Latar Belakang: Nyeri punggung bawah yang dialami mahasiswa berdampak
pada penurunan konsentrasi belajar, kualitas tidur yang buruk, dan aktivitas fisik
yang terbatas sehingga menyebabkan penurunan kinerja akademik dan
peningkatan tingkat stres. Duduk dalam waktu yang lama dan posisi belajar tidak
ergonomis berpengaruh dengan terjadinya nyeri punggung bawah pada
mahasiswa.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitik potong lintang pada mahasiswa
program studi farmasi Universitas Mataram. Sampel dipilih menggunakan teknik
total sampling. Data diperoleh dengan melakukan pengukuran berat badan, tinggi
badan, berat tas, dan pengisian kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik
Chi-square.
Hasil: Sebanyak 134 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil analisis
statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan antara posisi belajar, lama duduk
selama belajar, peregangan, cara membawa tas, beban tas terhadap kejadian nyeri
punggung bawah (p>0,05) dan terdapat hubungan antara overweight atau obesitas
dengan kejadian nyeri punggung bawah (p
Tidak tersedia versi lain