Text
HUBUNGAN TINGKAT STRES KERJA PADA PERAWAT DENGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI BANGSAL RAWAT INAP RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM
ABSTRAK
HUBUNGAN TINGKAT STRES KERJA PADA PERAWAT DENGAN
KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI BANGSAL RAWAT
INAP RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM
Ni Wayan Dewi, Agustine Mahardika, Lale Justin Amelinda Elizar
Latar Belakang: Stres kerja adalah suatu kondisi ketika stres kerja secara sendiri
atau bersama faktor lain saling berinteraksi dengan karakteristik individu yang
menghasilkan gangguan keseimbangan fisiologis dan psikologis. Pekerjaan
seorang perawat dalam memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif
merupakan pekerjaan yang mempunyai tingkat stres yang tinggi, karena dalam
menjalankan pekerjaannya seorang perawat berhubungan secara langsung dengan
berbagai karakteristik pasien dengan keluhan dan diagnosa penyakit yang
berbeda-beda. Stres kerja pada perawat sangat perlu diperhatikan, karena apabila
seorang perawat mengalami stres kerja yang berat akan berdampak pada kualitas
pelayanan dan akhirnya akan mendatangkan keluhan dari pasien sehingga dapat
menimbulkan ketidakpuasan pasien terhadap layanan yang diberikan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres kerja pada
perawat dengan kualitas pelayanan keperawatan di bangsal rawat inap Rumah
Sakit Universitas Mataram.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik cross sectional dengan
populasi pasien rawat inap dan perawat yang bekerja di bangsal rawat inap Rumah
Sakit Universitas Mataram.Pengambilan sampel menggunakan metode total
sampling yang memenuhi kriteria inklusi.Responden akan diberikan kuesioner
untuk mengisi kuesioner Expanded Nursing Stres Scale (ENSS) dan Kualitas
layanan. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Spearman untuk
menilai hubungan tingkat stress kerja perawat dengan kualitas pelayanan
keperawatan di bangsal rawat inap Rumah Sakit Universitas Mataram.
Hasil: Sebanyak 47 responden terpilih berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi
yang ditetapkan yaitu 24 responden perawat dan 23 responden pasien rawat inap
didapatkan tingkat stress kerja perawat berada pada kategori sedang (70,8%), dan
kualitas pelayanan keperawatan berada pada kategori baik. Hasil analisis uji
bivariat dengan metode spearman terhadap hubungan antara tingkat stres kerja
perawat dengan kualitas pelayanan berdasarkan lima dimensi yaitu kehandalan
didapatkan tidak ada hubungan bermakna (p value 0.234), daya tanggap tidak ada
hubungan bermakna (p value 0.175), jaminan tidak ada hubungan bermakna (p
value 0.928), empati tidak ada hubungan bermakna (p value 0.928) dan bukti fisik
tidak ada hubungan bermakna (p value 0.928).
Simpulan: Tidak Ada hubungan antara tingkat stress kerja perawat dengan
kualitas pelayanan keperawatan di bangsal rawat inap Rumah Sakit Universitas
Mataram (p>0.05).
Kata Kunci: Stres kerja, Kualitas pelayanan, Perawatviii
ABSTRACT
THE RELATIONSHIP BETWEEN THE WORK STRESS LEVEL OF
NURSES AND THE QUALITY OF NURSING SERVICES IN THE
INPATIENT WARD OF MATARAM UNIVERSITY HOSPITAL
Ni Wayan Dewi, Agustine Mahardika, Lale Justin Amelinda Elizar
Background: Job stress is a condition when work stress alone or with other
factors interacts with individual characteristics, resulting in physiological and
psychological balance disturbances. The job of a nurse in providing
comprehensive nursing care is one that has a high level of stress because, in
carrying out her work, a nurse deals directly with various characteristics of
patients with different complaints and diagnoses of diseases. Work stress on
nurses really needs to be considered because if a nurse experiences severe work
stress, it will have an impact on the quality of service and eventually bring
complaints from patients, which can cause patient dissatisfaction with the services
provided. The purpose of this study was to determine the relationship between the
level of work stress on nurses and the quality of nursing services in the inpatient
ward of Mataram University Hospital.
Methods: This study used a cross-sectional analytic method with a population of
inpatients and nurses working in the inpatient wards of Mataram University
Hospital. Sampling used the total sampling method that met the inclusion criteria.
Respondents were given a questionnaire to fill out the Expanded Nursing Stress
Scale (ENSS) questionnaire. Data were analyzed using the Spearman statistical
test to assess the relationship between the level of work stress of nurses and the
quality of nursing services in the inpatient ward of Mataram University Hospital.
Results: A total of 47 respondents were selected based on the established
inclusion and exclusion criteria, namely 24 nurse respondents and 23 inpatient
respondents. It was found that the level of work stress among nurses was in the
moderate category (70.8%), and the quality of nursing services was in the good
category. The results of bivariate test analysis using the Spearman method on the
relationship between the level of work stress of nurses and service quality based
on five dimensions, namely reliability, showed no significant relationship (p value
0.234), responsiveness had no significant relationship (p value 0.175), assurance
had no significant relationship (p value 0.928), empathy had no significant
relationship (p value 0.928), and physical evidence had no significant relationship
(p value 0.928).
Conclusion: There is no relationship between the level of work stress of nurses
and the quality of nursing services in the inpatient ward of Mataram University
Hospital (p> 0.05).
Keywords: Job stress, Quality of service, Nurse
Tidak tersedia versi lain