Text
HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN DISMENORE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA SANTRIWATI MA MU'ALLIMAT NWDI PANCOR
ABSTRAK
HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN DISMENORE TERHADAP
KONSENTRASI BELAJAR PADA SANTRIWATI MA MU'ALLIMAT
NWDI PANCOR
Amira Fathin Nabila Yusuf, I Made Putra Juliawan, Agustine Mahardika
Latar Belakang : Faktor-faktor yang mepengaruhi konsentrasi belajar terbagi
menjadi faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi keadaan fisik dan
psikologis, sedangkan faktor eksternal berupa suasana belajar dan keadaan
lingkungan sekitar. Salah satu faktor psikologis yang mempengaruhi konsentrasi
belajar adalah tingkat kecemasan dan faktor kesehatan fisik yang umum terjadi pada
90% wanita adalah nyeri menstruasi (dismenore). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dan dismenore terhadap
konsentrasi belajar pada santriwati MA Mu'allimat NWDI Pancor.
Metode : penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan
menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan simple
random sampling dengan jumah sampel 96 responden berdasarkan kriteria inklusi
dan eksklusi. Pengambilan data menggunakan kuesioner HARS dan SLCQ-I, serta
lembar observasi NRS.
Hasil : Tidak didapatkan adanya hubungan antara tingkat kecemasan dan
dismenore terhadap konsentrasi belajar pada santriwati MA Muallimat NWDI
Pancor. Didapatkan data bahwa sebagian besar santriwati mengalami kecemasan
tingkat ringan (53,1 %), dismenore tingkat sedang(46,9 %) dan tingkat konsentrasi
belajar tingkat sedang (64,6 %).
Kesimpulan : Tidak didapatkan adanya hubungan antara tingkat kecemasan dan
dismenore terhadap konsentrasi belajar pada santriwati MA Muallimat NWDI
Pancor sehingga disimpulkan bahwa terdapat faktor lain yang mempengaruhi
konsentrasi belajar pada santriwati MA Muallimat NWDI Pancor.
Kata Kunci : Kecemasan, Dismenore, Konsentrasi Belajar, Santriwativ
ABSTRACT
THE RELATIONSHIP BETWEEN ANXIETY LEVELS AND
DYSMENORRHEA ON LEARNING CONCENTRATION IN FEMALE
STUDENTS OF MA MUALLIMAT NWDI PANCOR
Amira Fathin Nabila Yusuf, I Made Putra Juliawan, Agustine Mahardika
Background : Factors that influence learning concentration are divided into
internal and external factors. Internal factors include physical and psychological
conditions, while external factors are the learning atmosphere and the surrounding
environment. One of the psychological factors that affect concentration in learning
is the level of anxiety and a physical health factor that commonly occurs in 90% of
women is menstrual pain (dysmenorrhea). This study aims to determine the
relationship between anxiety levels and dysmenorrhea on learning concentration on
female students of MA Mu'allimat NWDI Pancor
Method : This research is an analytic descriptive study using a crosssectional approach. This study used simple random sampling with a total sample of
96 respondents based on inclusion and exclusion criteria. Data collection used
the HARS and SLCQ-I questionnaires, as well as the NRS observation sheet.
Results : There was no relationship between the level of anxiety
and dysmenorrhea on the concentration of learning on female students of
MA Muallimat NWDI Pancor. It was found that most female students experienced
mild anxiety (53.1%), moderate dysmenorrhea (46.9%) and moderate learning
concentration (64.6%).
Conclusion : There was no relationship between the level of anxiety and
dysmenorrhea on the concentration of learning on female students of MA
Muallimat NWDI Pancor, so it was concluded that there were other factors that
influenced the concentration of learning on female students of MA Muallimat
NWDI Pancor.
Keyword : Anxiety, Dysmenorrhea, Study Concentration, Female Students
Tidak tersedia versi lain