Text
TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PELAYANAN RESEP DI APOTEK KIMIA FARMA 189 MATARAM PERIODE FEBRUARI 2022
ABSTRAK
Apotek adalah tempat praktik Apoteker untuk pelaksanaan pelayanan dan
penyaluran perbekalan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian yang diberikan dapat
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sehingga berdampak pada minat untuk
kembali berkunjung ke apotek. Kepuasan konsumen merupakan indikator penilaian baik
atau buruknya pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada pelayanan resep di apotek Kimia Farma 189
Mataram. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga
didapatkan sampel penelitian sebanyak 115 responden yang terdiri dari 47,8% laki-laki
dan 52,2% perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah service quality yang
telah diuji validitas (0,605-0,908) dan uji reliabilitas (0,968) yang telah dinyatakan valid
dan reliabel. Perhitungan kepuasan konsumen diperoleh dengan teknik scoring. Penelitian
ini didominasi oleh responden kelompok umur 31-50 tahun (43,5%), pendidikan terakhir
Sarjana (43,5%), pekerjaan Ibu rumah tangga (17,4%) dan pegawai swasta (17,4%), sudah
menikah (72,2%), jumlah kedatangan lebih dari 5 kali (59,1%), tujuan penebusan resep
untuk anak/keluarga (59,1%), jarak tempat tinggal ke apotek 1-5 km (62,2%), tidak
berpenghasilan (33,9%), dan pembayaran dengan BPJS Kesehatan (93%). Tingkat
kepuasan konsumen pada setiap dimensi pelayanan meliputi jaminan (84%), ketanggapan
(82%), kepedulian (82%), fasilitas fisik (82%) dan kehandalan (80%). Berdasarkan data
tersebut dapat disimpulkan tingkat kepuasan konsumen pada pelayanan resep pada
dimensi pelayanan jasa adalah sangat puas kecuali dimensi kehandalan (puas).
Kata kunci : Apotek, kepuasan konsumen, pelayanan resep.
vii9
ABSTRACT
Pharmacy is a pharmacist?s practice for the implementation of services and
distribution of pharmaceutical supplies. The pharmaceutical service provided can affect
consumer?s satisfaction so that it has an impact on interest in returning to visit the
pharmacy. Consumer satisfaction is an indicator of pharmaceutical services assessment
received by consumers. This study is proposed to examine the level of consumer
satisfaction with prescription services at Kimia Farma 189 Mataram pharmacy. This study
is descriptive by using a cross-sectional design. The sampling technique used was
purposive sampling that sample obtained was 115 respondents consisting of 47,8% men
and 52,2% women. with purposive sampling technique. This study instrument used is
service quality which has been tested for validity (0,605-0,908) and reliability test (0968)
which has been declared valid and reliable. Calculation of customer satisfaction is
obtained by the scoring technique. As a result, this study was dominated by respondents
in the age group 31 to 50 years (43.5%), the last education was Bachelor (43.5%),
occupation, housewives (17.4%) and private employees (17.4%), married (72.2%),
number of arrivals more than 5 times (59.1%), prescription redemption for children or
family (59.1%), distance from residence to pharmacy 1 to 5 km (62.2%), no income
(33.9%), and payment with BPJS Kesehatan (93%). The level of customer satisfaction on
the service dimensions sequentially namely assurance (84%), responsiveness (82%),
empathy (82%), tangible (82%), and reliability (80%). Therefore, the level of consumer
satisfaction with prescription services is a very satisfactory criterion, however, the
reliability dimension was included in the satisfied criteria.
Keywords : Pharmacy, consumer?s satisfaction, prescription service.
Tidak tersedia versi lain