Perpustakaan FKIK Unram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN INTERNET GAMING DISORDER DENGAN
KUALITAS TIDUR PADA REMAJA USIA 15 ? 18 TAHUN
DI ERA PASCA PANDEMI COVID ? 19
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN INTERNET GAMING DISORDER DENGAN KUALITAS TIDUR PADA REMAJA USIA 15 ? 18 TAHUN DI ERA PASCA PANDEMI COVID ? 19

Hagia Faranajhia - Nama Orang;

ABSTRAK
HUBUNGAN INTERNET GAMING DISORDER DENGAN KUALITAS
TIDUR PADA REMAJA USIA 15-18 TAHUN DI ERA PANDEMI COVID-
19
Hagia Faranajhia, Titi Pambudi Karuniawaty , Ika Primayanti
Abstrak: Pandemi Covid-19 telah menyebabkan berbagai perubahan signifikan,
termasuk peningkatan penggunaan internet yang cepat oleh remaja. Peningkatan
penggunaan internet, terutama untuk bermain game online membawa tantangan
baru di era globalisasi ini. Salah satu tantangan tersebut adalah kecanduan game
online. Penggunaan game online yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai
efek, seperti kualitas tidur yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara Internet Gaming Disorder dan kualitas tidur pada remaja usia
15?18 tahun di era pasca-pandemi Covid-19. Partisipan dalam penelitian ini
terdiri dari siswa berusia 15 hingga 17 tahun dari SMAN 1 Mataram dan SMAN 5
Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain crosssectional, menggunakan kuesioner Internet Gaming Disorder Test (IGDT-10)
untuk mengukur penggunaan game online dan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality
Index (PSQI) untuk mengukur kualitas tidur. Sebanyak 140 responden
berpartisipasi dalam penelitian ini, mayoritas berusia 16 tahun (62,0%), dan
berjenis kelamin perempuan (61,2%). Tingkat kejadian gangguan gaming internet
Internet Gaming Disorder (IGD) di kalangan remaja pasca-pandemi Covid-19
sebesar 35,7%. Kualitas tidur yang buruk di kalangan remaja pasca-pandemi
Covid-19 sebesar 58,1%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa
internet gaming disorder memiliki hubungan yang signifikan dengan kualitas
tidur pada remaja usia 15?18 tahun di era pasca-pandemi Covid-19.
Kata kunci: internet gaming disorder; Kualitas Tidur; Pandemi Covid-19;
Remaja.


Ketersediaan
#
Perpustakaan FKIK Unram DTS 610 Hag h 2025
20253090
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1301
Penerbit
Mataram : FKIK Unram., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
DTS 610 Hag h 2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KTI 2025
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FKIK Unram
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan FK Universitas Mataram menggunakan Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System).

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?