Text
TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN OBAT TANPA RESEP DI APOTEK LANGKO PERIODE JUNI 2024
ABSTRAK
Apotek Langko merupakan salah satu penyedia layanan kefarmasian di Kota
Mataram yang saat ini mengutamakan pelayanan obat tanpa resep. Fokus pada
kepuasan konsumen merupakan hal yang sangat penting bagi apotek. Kepuasan
konsumen merupakan perasaan senang yang muncul setelah mendapatkan
pelayanan sesuai dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan obat tanpa resep di Apotek
Langko. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional deskriptif dengan
desain cross-sectional. Tingkat kepuasan konsumen diperoleh melalui pengisian
kuesioner yang telah tervalidasi pada 100 konsumen yang memenuhi kriteria
inklusi dan eksklusi dengan menggunakan teknik non-probability sampling jenis
purposive sampling. Kuesioner pada penelitian ini telah valid dan reliabel dengan
hasil validasi > r tabel 0,361 dan hasil reliabilitas > konstanta 0,6. Kuesioner terdiri
dari lima dimensi yaitu Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan
Assurance (Jaminan), Emphaty (Kepedulian) dan Tangible (Fasilitas Fisik) terkait
kualitas pelayanan dan harapan konsumen terhadap pelayanan yang akan dinilai
menggunakan skala Likert. Data ditabulasi pada Microsoft excel dan dilakukan
analisis Gap antara kualitas pelayanan dan harapan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa tingkat kepuasan konsumen pada seluruh dimensi masuk dalam kategori
sangat puas dengan persentase skor yaitu pada dimensi kehandalan (90,90%),
dimensi ketanggapan (92,27%), dimensi jaminan (94,13%), dimensi kepedulian
(93%) dan dimensi fasilitas fisik (92,24%). Namun setelah dilakukan analisis Gap
antara kepuasan dan harapan konsumen, seluruh dimensi bernilai negatif. Hasil
tersebut disebabkan karena skor expectation konsumen lebih besar dari skor
performance.
Kata kunci: apotek langko, kepuasan konsumen, kualitas pelayanan, obat tanpa
resep, pelayanan kefarmasian
Tidak tersedia versi lain