Text
TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD AWET MUDA NARMADA PERIODE JANUARI 2024
ABSTRAK
Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang
menyelenggarakan berbagai pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu pelayanan
kefarmasian. Pelayanan kefarmasian berpengaruh terhadap tingkat kepuasan
pasien yang menjadi indikator penilaian baik atau buruknya suatu pelayanan.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan
terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan pada Instalasi Farmasi Rumah
Sakit Awet Muda Narmada Januari 2024. Penelitian ini merupakan studi
observasional dengan desain penelitian cross sectional yang bersifat deskriptif.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling
jenis purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah service
quality yang di adopsi dari penelitian Reihana dengan nilai validitas (3,61) dan
reliabilitas yaitu (0,933) yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Data diperoleh
dengan menyebarkan kuesioner kepada 115 responden di Instalasi Farmasi Rawat
Jalan RSUD Awet Muda Narmada dan dianalisis dengan teknik skoring skala
likert serta menghitung gap analysis antara kepuasan dan harapan. Tingkat
kepuasan dan harapan pasien pada setiap dimensi pelayanan yaitu pada dimensi
bukti fisik (71,20%) dan (96,76%), kehandalan (72,83%) dan (90,50%),
ketanggapan (72,62%) dan (97,98%), jaminan (77,77%) dan (96,34%), kepedulian
(75,86%) dan (97,49%) termasuk dalam kriteria puas dan sangat puas.
Berdasarkan analisis kesenjangan antara harapan dan kinerja pelayanan semua
dimensi bernilai negatif dan termasuk dalam kategori tidak memuaskan karena
harapan pasien sangat tinggi terhadap pelayanan kefarmasian dibandingkan
dengan performa yang dirasakan di instalasi farmasi RSUD Awet Muda Narmada.
Kata Kunci: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, rumah sakit.
Tidak tersedia versi lain