Perpustakaan FKIK Unram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP
PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI
RSUD AWET MUDA NARMADA PERIODE JANUARI 2024
Penanda Bagikan

Text

TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD AWET MUDA NARMADA PERIODE JANUARI 2024

Aulia Nurul Fitri - Nama Orang;

ABSTRAK
Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang
menyelenggarakan berbagai pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu pelayanan
kefarmasian. Pelayanan kefarmasian berpengaruh terhadap tingkat kepuasan
pasien yang menjadi indikator penilaian baik atau buruknya suatu pelayanan.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan
terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan pada Instalasi Farmasi Rumah
Sakit Awet Muda Narmada Januari 2024. Penelitian ini merupakan studi
observasional dengan desain penelitian cross sectional yang bersifat deskriptif.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling
jenis purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah service
quality yang di adopsi dari penelitian Reihana dengan nilai validitas (3,61) dan
reliabilitas yaitu (0,933) yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Data diperoleh
dengan menyebarkan kuesioner kepada 115 responden di Instalasi Farmasi Rawat
Jalan RSUD Awet Muda Narmada dan dianalisis dengan teknik skoring skala
likert serta menghitung gap analysis antara kepuasan dan harapan. Tingkat
kepuasan dan harapan pasien pada setiap dimensi pelayanan yaitu pada dimensi
bukti fisik (71,20%) dan (96,76%), kehandalan (72,83%) dan (90,50%),
ketanggapan (72,62%) dan (97,98%), jaminan (77,77%) dan (96,34%), kepedulian
(75,86%) dan (97,49%) termasuk dalam kriteria puas dan sangat puas.
Berdasarkan analisis kesenjangan antara harapan dan kinerja pelayanan semua
dimensi bernilai negatif dan termasuk dalam kategori tidak memuaskan karena
harapan pasien sangat tinggi terhadap pelayanan kefarmasian dibandingkan
dengan performa yang dirasakan di instalasi farmasi RSUD Awet Muda Narmada.
Kata Kunci: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, rumah sakit.


Ketersediaan
#
Perpustakaan FKIK Unram DTS 610 Aul t F.2024
20244101
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
345
Penerbit
Mataram : Farmasi FKIK Unram., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
DTS 610 Aul t F.2024
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI 2024
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FKIK Unram
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan FK Universitas Mataram menggunakan Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System).

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?