Text
GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK WILAYAH KOTA MATARAM PERIODE APRIL - JULI 2024
ABSTRAK
Apotek sebagai salah satu fasilitas kesehatan bagi masyarakat memegang
peran penting dalam penyediaan sediaan farmasi, dan penerapan standar
pelayanan kefarmasian diperlukan untuk menjamin mutu, keamanan, serta
kualitas hidup pasien. Penelitian sebelumnya yang dilakukan di Kota Mataram
pada tahun 2019 menunjukkan bahwa standar pelayanan kefarmasian di apotek
Kota Mataram belum sepenuhnya diterapkan, namun tidak menjabarkan secara
rinci terkait aspek pengelolaan dan pelayanan farmasi klinis dalam pelayanan
kefarmasian di apotek. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan
standar pelayanan kefarmasian dari kedua aspek tersebut di apotek yang berada di
wilayah Kota Mataram pada periode April-Juli 2024. Metode yang digunakan
adalah penelitian deskriptif observasional dengan rancangan cross sectional, yang
melibat 59 apotek sebagai sampel penelitian. Data diambil melalui observasi
langsung menggunakan kuesioner dari penelitian sebelumnya yang telah diuji
validitas dengan nilai CVI (0,95) dan dinyatakan valid. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai aspek pengelolaan dan pelayanan farmasi klinis
masing-masing adalah 87% dan 88%, serta terdapat 61% apotek yang telah
menerapkan standar dengan baik, 37% dengan kriteria cukup, serta 2% dengan
kriteria kurang. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan penerapan
standar pelayanan kefarmasian di apotek wilayah Kota Mataram dibandingkan
dari penelitian sebelumnya.
Kata kunci: Apotek, Mataram, Pelayanan Kefarmasian
Tidak tersedia versi lain