Text
STUDI PENDAHULUAN: UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK TERHADAP DEMAM BERDARAH DENGUE PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA MATARAM
ABSTRAK
STUDI PENDAHULUAN: UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS
KUESIONER TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK
TERHADAP DEMAM BERDARAH DENGUE PADA GURU
SEKOLAH DASAR DI KOTA MATARAM
Latar belakang: Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyebab kematian utama
pada anak di Asia Tenggara. Upaya pencegahan DBD dapat dilakukan di sekolah baik oleh
guru atau siswa. Pengetahuan yang baik akan mempengaruhi sikap dan praktik yang
menunjang upaya pencegahan DBD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan
kuesioner dan melakukan uji validitas dan reliabilitas penilaian pengetahuan, sikap, dan
praktik guru terkait DBD.
Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik dengan desain potong lintang yang
melibatkan 114 guru Sekolah Dasar di Kota Mataram. Instrumen penelitian ini
menggunakan kuesioner yang terdiri atas 5 bagian yaitu identitas responden, sumber
informasi, pengetahuan, sikap, dan praktik tentang DBD.
Hasil: Pada uji validitas kuesioner pengetahuan didapatkan 17 item valid, 5 item tidak valid,
dan 3 item memiliki variansi nol. Bagian sikap didapatkan 7 item valid, 6 item tidak valid,
dan 4 item memiliki variansi nol. Bagian praktik didapatkan 13 item valid, 1 item tidak valid,
dan 3 item memiliki variansi nol. Uji reliabilitas didapatkan nilai Cronbach’s alpha bagian
pengetahuan 0,815, bagian sikap 0,547, dan bagian praktik 0,744.
Kesimpulan: Sebagian besar kuesioner ini sudah valid dan reliabel. Kuesioner yang
dikembangkan dalam penelitian ini sudah cukup baik, terutama pada bagian pengetahuan;
akan tetapi untuk dapat diimplementasikan dalam pengukuran di masyarakat, kuesioner ini
masih memerlukan perbaikan terutama pada bagian sikap dan praktik.
Kata kunci: demam berdarah dengue, validitas, reliabilitas, kuesioner, pengetahuan, sikap,
praktik
ABSTRACT
PRELIMINARY STUDY: VALIDITY AND RELIABILITY OF A
KNOWLEDGE, ATTITUDE, AND PRACTICE QUESTIONNAIRE ON
DENGUE HEMORRHAGIC FEVER (DHF) AMONG PRIMARY
SCHOOL TEACHERS IN MATARAM
Background: Dengue hemorrhagic fever (DHF) is the main cause of death in children in
South-East Asia. Prevention of DHF can be carried out in schools by teachers or students.
Having good knowledge will affect attitude and practice thus support prevention of DHF.
The aim of this study was to develop and assess validity and reliability of knowledge,
attitude, and practice questionnaire on DHF among primary school teachers.
Methods:. This study was an analytical and cross-sectional study, involving 114 primary
school teachers in Mataram. Data was collected using a self-administred questionnaire. The
questionnaire included questions on demographic data, source of information, knowledge,
attitude, and practice regarding DHF.
Results: Validity test showed that in the knowledge domain there were 17 valid items, 5
non-valid items, and 3 items had zero variance. In the attitude domain 7 items were valid, 6
items were not valid, and 4 items had zero variance. In the practice domain 13 items were
valid, 1 item non-valid, and 3 zero variance items. The Cronbach’s alpha for reliability in
the knowledge, attitude, and practice domain were 0,815, 0,547, and 0,744.
Conclusion: The majority of questions in the questionnaire were valid and reliable.
Nevertheless further revisions in the remaining items which are not valid and not reliable are
required before implementing the questionnaire to the general population.
Keywords: dengue hemorrhagic fever, validity, reliability, questionnaire, knowledge,
attitude, practice
Tidak tersedia versi lain