Perpustakaan FKIK Unram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN GAYA BELAJAR DENGAN
PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS MATARAM
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Fitriamalia Adelarahma Zubaidi - Nama Orang;

ABSTRAK
HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN GAYA BELAJAR DENGAN
PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS MATARAM
Fitriamalia Adelarahma Zubaidi, Eva Triani, Pujiarohman

Latar belakang : Kemampuan mahasiswa dalam menjalankan pendidikannya di
perguruan tinggi dapat dilihat dari indeks prestasi kumulatif (IPK). IPK yang
diharapkan tersebut mungkin dapat tercapai dengan dukungan gaya belajar yang
tepat. Akan tetapi dalam pelaksanaan pendidikan, IPK maksimal sering tidak
dapat tercapai karena adanya berbagai tekanan yang menyebabkan mahasiswa
mengalami stress yang berlanjut pada tingkat IPK yang kurang memuaskan dan
lama pendidikan menjadi semakin panjang. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara tingkat stres dan gaya belajar dengan prestasi
akademik mahasiswa.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan
menggunakan desain cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 151 mahasiswa
Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang berasal dari angkatan 2011, 2012,
dan 2013 serta memenuhi kriteria inklusi. Data penelitian diperoleh dari hasil
pengisian kuesioner DASS (Depression, Anxiety, and Stress Scale) untuk tingkat
stres dan kuesioner KLSI (Kolb’s Learning Style Inventory) untuk gaya belajar
gaya belajar serta dokumen akademik mahasiswa. Analisis statistik yang
digunakan adalah uji korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan antara
tingkat stres dengan prestasi akademik serta uji korelasi Lambda untuk
mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi akademik.

Hasil : Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan
yang signifikan antara tingkat stres dengan prestasi akademik (p=0,208), begitu
juga hasil uji korelasi Lambda menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang
signifikan antara gaya belajar dengan prestasi akademik (p=1,000).

Simpulan : Tidak ada hubungan yang bermakna antara stres dan gaya belajar
dengan prestasi akademik.

Kata kunci : tingkat stres, gaya belajar, prestasi akademik





ABSTRACT
CORRELATION BETWEEN STRESS LEVEL AND LEARNING STYLE
WITH STUDENT ACHIEVEMENT ON MEDICAL FACULTY
STUDENTS OF MATARAM UNIVERSITY
Fitriamalia Adelarahma Zubaidi, Eva Triani, Pujiarohman

Background: The ability of students to run their education in college can be seen
from the Grade Point Average (GPA). Expected GPA may be achieved with the
appropriate learning styles. However, the expected GPA often cannot be achieved
because of the academic pressures that lead to stress which in turn affect to lower
GPA and longer study. This study aimed to determine the correlation between
stress level and learning style with students' academic achievement.
Methods: This is an analitical descriptive study with cross-sectional design. The
samples consisted of 151 students of Medical Faculty, Mataram University from
class of 2011, 2012, and 2013 which met the inclusion criteria. Data was obtained
from DASS (Depression, Anxiety, and Stress Scale) questionnaire for stress level
and KLSI (Kolb’s Learning Style Inventory) questionnaire for learning style and
student academic documents. The statistical analysis used was Spearman
correlation test to determine the correlation between the stress level with academic
achievement and Lambda correlation test to determine the correlation between
learning style and academic achievement.

Results: Spearman correlation test showed that there was no significant
correlation between stress level and academic achievement (p = 0.208), as well as
no significant correlation between learning style with academic achievement (p =
1.000) on Lambda correlation test

Conclusion: There is no significant correlation between stress level and learning
style with academic achievement.

Keywords: stress level, learning style, academic achievement


Ketersediaan
#
Perpustakaan FKIK Unram 616.85 FIT h 2015 KTI
H1A011023
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
417
Penerbit
Mataram : Fakultas Kedokteran Universitas Mataram., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.85
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KTI
stres
stress
tekanan jiwa
depresi
KTI PSPD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FKIK Unram
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan FK Universitas Mataram menggunakan Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System).

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?