Text
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES AKADEMIK DENGAN MEKANISME KOPING STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES AKADEMIK DENGAN MEKANISME KOPING STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
Santya Irsalina, Ida Ayu Eka Widiastuti, Pujiarohman
Latar belakang: Mahasiswa kedokteran sangat rentan mengalami stres. Penelitian mengenai tingkat stres pada mahasiswa kedokteran telah banyak dilakukan di beberapa negara dan didapatkan hasil yang beragam. Stres pada mahasiswa kedokteran terutama disebabkan oleh faktor akademik seperti penguasaan materi, tugas dan ujian. Untuk mengatasi stres, setiap individu memiliki cara koping stres masing-masing, baik yang bersifat konstruktif maupun destruktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres akademik dengan mekanisme koping stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 229 mahasiswa yang memenuhi kriteria inklusi. Data penelitian diperoleh dari hasil pengisian kuesioner tingkat stres akademik (DASS42) dan kuesioner mekanisme koping stres (Brief Cope). Analisis statistik yang digunakan adalah uji korelasi Pearson dengan perangkat lunak SPSS 16 for windows untuk mengetahui korelasi antara tingkat stres akademik dengan mekanisme koping stres.
Hasil: Hasil analisis bivariat dengan mengunakan uji korelasi Pearson didapatkan bahwa tingkat stres akademik tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan mekanisme koping stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (p=0,700). Nilai koefisien korelasi (r) -0,026 menunjukkan korelasi negatif yang berarti jika tingkat stres akademik tinggi akan cenderung memiliki mekanisme koping stres maladaptif dengan kekuatan korelasi yang sangat lemah.
Simpulan: Tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara tingkat stres akademik dengan mekanisme koping stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.
Kata kunci: tingkat stres akademik, mekanisme koping stres, mahasiswa fakultas kedokteran.
ABSTRACT
THE RELATIONSHIP BETWEEN ACADEMIC STRESS LEVEL AND STRESS COPING MECHANISM ON MEDICAL STUDENTS OF MATARAM UNIVERSITY
Santya Irsalina, Ida Ayu Eka Widiastuti, Pujiarohman
Background: Medical students were susceptible to be stress. Study about the level of stress on medical students had been carried out in several countries and varied results were found. Medical students experienced stress due primarily to academic factors such as comprehend the lesson, task and examination. Everyone has their own coping mechanism to deal with stressful condition, whether it is constructive or destructive one. This study aimed to determine the relationship of academic stress level with stress coping mechanism on medical students of Mataram University.
Method: This study was a cross sectional design. The subjects were samples included 229 medical students of Mataram University who met the inclusion criteria. The data was obtained from the result of academic stress level questionnaire (DASS42) and stress coping questionnaire (Brief Cope). Statistical analysis used Pearson correlation test with SPSS 16 for windows to determine the relationship between academic stress level and stress coping mechanism.
Result: The results of the bivariate analysis using Pearson correlation test showed that academic stress level did not significantly related with stress coping mechanism on medical students of Mataram University (p=0,700). The value of correlation coeffisient (r) -0,026 showed negative relationship, means that student with high academic stress level has more maladaptive coping and its relationship was very weak.
Conclusion: There is no relationship between academic stress level and stress coping mechanism on medical students of Mataram University.
Keywords: academic stress level, stress coping mechanism, medical students.
Tidak tersedia versi lain