Perpustakaan FKIK Unram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN RAWAT INAP DI PUSKESMAS GUNUNGSARI TAHUN 2013
Penanda Bagikan

Text

TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN RAWAT INAP DI PUSKESMAS GUNUNGSARI TAHUN 2013

Ela Noviana - Nama Orang;

ABSTRAK
TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN RAWAT INAP DI PUSKESMAS GUNUNGSARI TAHUN 2013
Ela Noviana, I Komang Gerudug, Arfi Syamsun
Latar belakang: Jamkesmas merupakan suatu program bantuan sosial bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Puskesmas sebagai salah satu penyedia program ini menyediakan fasilitas rawat jalan maupun rawat inap. Penilaian tingkat keberhasilan pelayanannya dapat dilakukan dengan menilai tingkat kepuasan pelayanan rawat inap di Puskesmas. Sepanjang perjalanan program ini, terdapat masalah yang menjadi hambatan, seperti kualitas pelayanan terhadap pasien Jamkesmas masih rendah dan belum berjalan optimal. Karenanya, dibutuhkan suatu penilaian untuk menilai tingkat kepuasan pasien Jamkesmas, khususnya pada Puskesmas Gunungsari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap pelayanan rawat inap di Puskesmas Gunungsari.
Metode: Rancangan penelitian ini adalah cross sectional, dengan teknik pengambilan sampel adalah consecutive sampling. Sampel yang digunakan adalah semua pasien rawat inap yang terdaftar sebagai peserta Jamkesmas di Puskesmas Gunungsari yang sesuai dengan kriteria inklusi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif pasien Jamkesmas puas terhadap pelayanan rawat inap di Puskesmas Gunungsari, dengan persentase total pada variabel tangible bertutut-turut untuk penilaian tidak puas 1,4%, cukup puas 27,1%, puas 64,3% dan sangat puas 7,1%. Berdasarkan variabel emphaty didapatkan hasil cukup puas 32,0%, puas 62,9%, dan sangat puas 4,3%. Berdasarkan variabel reliabiliy didapatkan hasil cukup puas 34,4%, puas 54,3%, dan sangat puas 11,4%. Pada variabel responsiveness penilaian cukup puas 28,6%, puas 64,3%, dan sangat puas 7,1%. Pada variabel assurance penilaian tidak puas 1,4%, cukup puas 37,1%, puas 50%, serta sangat puas 11,4%.
Simpulan: Secara umum dapat disimpulkan bahwa pasien Jamkesmas sudah puas (59,16%) terhadap pelayanan rawat inap di Puskesmas Gunungsari.
Kata kunci: kepuasan, Jamkesmas, kualitas pelayanan, rawat inap, Puskesmas.



ABSTRACT
SATISFACTION LEVEL OF JAMKESMAS PATIENT TOWARD INPATIENT UNIT SERVICE OF GUNUNGSARI HEALTH CENTER IN 2013
Ela Noviana, I Komang Gerudug, Arfi Syamsun
Background: Jamkesmas is a social assistance program for the poor and underpriviledged society. Health center as a provider of these programs provide outpatient facility or inpatient. Assessment of service success rate can be done by assessing the level of satisfaction of inpatient services at the Health center. Throughout the course of this program, there are issues that are being a barrier, such as the quality of service to patients Jamkesmas still low and not optimal. Therefore, an assessment is required to assess the level of patient satisfaction Jamkesmas, especially at Gunungsari Health center. This study aims to identify and analyze the level of patient satisfaction Jamkesmas on the inpatient services at Gunungsari Health center.
Methods: The study design was cross-sectional, by using the consecutive sampling technique. The samples used were all inpatients who are listed as participants of Jamkesmas in the Health center of Gunungsari that fit with the inclusion criteria. Data were collected using a questionnaire with likert scale that have been tested for validity and reliability. Statistical analyses used is descriptively.
Results: The results showed that the patients Jamkesmas sare satisfied with inpatient care at Gunungsari Health center descriptively, with the total percentage of tangible variables for assessment as follows: dissatisfied 1,4%, 27,1% somewhat satisfied, 64,3% satisfied and very satisfied 7,1% respectively. Based on empathy variable, it can be obtained that 32,0% enough satisfied, 62,9% satisfied, and 4,3%very satisfied. Based on the reliabiliy variable, the results showed that 34,4% quite satisfied, 54,3% satisfied and 11,4% very satisfied. In responsiveness variable was found ratings that 28,6% quite satisfied, 64,3% satisfied, and 7,1% very satisfied. The assessment for assurance variable consisted of dissatisfied 1,4%, 37,1% somewhat satisfied, 50% satisfied, and 11,4% very satisfied.
Conclusions: In general it can be concluded that patients Jamkesmas already satisfied (59,16%) with inpatient care at Gunungsari Health center.
Keywords: satisfaction, Jamkesmas, quality of care, inpatient, Health center.





Ketersediaan
#
Perpustakaan FKIK Unram 368.3 ELA t 2014 KTI
H1A009012
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
353
Penerbit
Mataram : Fakultas Kedokteran Universitas Mataram., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
368.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KTI
Jamkesmas
kualitas layanan
asuransi kesehatan
KTI PSPD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FKIK Unram
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan FK Universitas Mataram menggunakan Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System).

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?