Text
TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
ABSTRAK
TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP
PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM PROVINSI
NUSA TENGGARA BARAT
Novya Prabawati, Arfi Syamsun, Wahyu Sulistya Affarah
Latar belakang : Jamkesmas adalah program jaminan kesehatan yang
diselenggarakan oleh pemerintah. Jamkesmas memiliki tujuan yaitu melaksanakan
penjaminan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat miskin dan tidak mampu
dengan menggunakan prinsip asuransi kesehatan sosial. Rumah sakit sebagai
pemberi pelayanan kesehatan pada hakekatnya harus memenuhi kriteria Standar
Pelayanan Minimal. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu ukuran
keberhasilan bagi setiap perusahaan jasa, termasuk rumah sakit yang merupakan
salah satu penyedia layanan jasa Jamkesmas bagi khalayak banyak. Peneliti
bermaksud untuk melakukan penelitian mengenai tingkat kepuasan pasien
Jamkesmas terhadap pelayanan rawat jalan di RSUP NTB.
Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif kategorik, dengan desain penelitian
cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive
sampling. Sampel yang digunakan adalah semua pasien rawat jalan Jamkesmas di
RSUP NTB. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa
kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis statistik yang
digunakan adalah analisis deskriptif frekuensi untuk mengetahui distribusi
kepuasan pasien secara umum, dan analisis deskriptif crosstabs untuk mengetahui
distribusi kepuasan pasien berdasarkan karakteristik pasien
Hasil : Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa pasien Jamkesmas puas
terhadap pelayanan rawat jalan di RSUP NTB. Tingkat kepuasan pasien berturutturut dari yang tertinggi adalah kepastian, ketanggapan, empati, kehandalan, bukti
langsung. Responden laki-laki lebih puas daripada perempuan, usia kurang dari
21 tahun lebih puas dari kelompok usia lain, dan jenjang pendidikan lebih rendah
atau sama dengan SMA lebih puas dibandingkan jenjang pendidikan lain.
Simpulan: secara umum pasien Jamkesmas puas terhadap pelayanan rawat jalan
di RSUP NTB.
Kata kunci : Kepuasan, Jamkesmas, Pelayanan, Rawat Jalan, Rumah Sakit
ABSTRACT
THE SATISFACTION LEVEL OF JAMKESMAS PATIENT THROUGH
OUTPATIENT SERVICES AT GENERAL HOSPITAL OF WEST NUSA
TENGGARA PROVINCE
Novya Prabawati, Arfi Syamsun, Wahyu Sulistya Affarah
Background: Jamkesmas health assurance program was organized by Indonesia
Government. Jamkesmas has purpose to guarantee of health to poor people and is
incapacitated by using the principle of social health insurance. The hospital as a
grantor health service substantially should reach minimum standard of service
criteria. Customer satisfaction is one of the measure of success for company
services, including the hospital which is one of the service providers for user of
Jamkesmas program. The researcher intend to do research on the satisfaction level
of Jamkesmas patient of outpatient service in the General Hospital of NTB
Province.
Methods: The type of research is a descriptive categorical with cross-sectional
design. Sampling technique use is the consecutive sampling. The sample is all of
outpatient user Jamkesmas program in General Hospital of NTB Province. A
samples was thus obtained of which questionnaires were usable, a validity and
reliability tested before. Data was analysed with descriptive analysis, to find the
frequency distribution of patient satisfaction and crosstabs descriptive analysis
used to find out the distribution of the satisfaction of patients based on patient
characteristics
Results: Results showed that outpatient satisfied to the Jamkesmas services in
public hospitals of West Nusa Tenggara province. Consecutive patient level of
satisfaction from the highest is assurance, responsiveness, empathy, reliability,
tangibles. Male respondents were more satisfied than women, age is less than 21
years of age are more satisfied than the other age groups, education is lower or
equal to the High School more satisfied than the other educational level.
Conclusion: Outpatient satisfied to the Jamkesmas services in general hospitals of
West Nusa Tenggara province.
Keywords: Satisfaction, Jamkesmas, Service, Outpatient, Hospital
Tidak tersedia versi lain