Text
TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT AMPENAN TAHUN 2013
ABSTRAK
TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT AMPENAN TAHUN 2013
Anies Dyaning Astuti, I Komang Gerudug, Arfi Syamsun
Latar Belakang : Puskesmas merupakan pelayanan kesehatan lini pertama yang menyelenggarakan upaya kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat setiap penduduk. Upaya kesehatan tersebut diselenggarakan dengan menitik beratkan pada kualitas pelayanan agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal. Salah satu indikator kualitas pelayanan kesehatan adalah tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap pelayanan rawat jalan di Puskesmas Ampenan.
Metode : Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional pada pasien Jamkesmas yang mendapatkan pelayanan rawat jalan di Puskesmas Ampenan. Sampel diambil dengan consecutive sampling terhadap 70 pasien yang termasuk kriteria inklusi. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner yang telah diuji validasi terlebih dahulu.
Hasil : Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa secara deskriptif tingkat kepuasan pasien pada variabel tangible didapatkan hasil tidak puas 4,3%, cukup puas 64,3 % , puas 28,6% , sangat puas 2,9%. Berdasarkan variabel empathy didapatkan hasil tidak puas 1,4%, cukup puas 35,7% , puas 38,6% , sangat puas 24,3%. Berdasarkan variabel reliability didapatkan hasil tidak puas 1,4%, cukup puas 21,4% , puas 62,9% , sangat puas 14,3%. Berdasarkan variabel responsiveness didapatkan hasil tidak puas 1,4%, cukup puas 22,9% , puas 70% , sangat puas 5,7%. Berdasarkan variabel assurance didapatkan hasil tidak puas 1,4%, cukup puas 21,4% , puas 68,6% , sangat puas 8,6%.
Simpulan : Secara umum hasil penelitian dapat disimpulkan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas adalah sudah merasa puas (53,74%) terhadap pelayanan rawat jalan di Puskesmas Ampenan.
Kata kunci : Kepuasan pasien, Jamkesmas, Rawat jalan, Puskesmas
ABSTRACT
SATISFACTION LEVEL OF JAMKESMAS PATIENT TOWARD OUTPATIENT UNIT SERVICE OF HEALTH CENTRE AMPENAN IN 2013
Anies Dyaning Astuti, I Komang Gerudug, Arfi Syamsun
Background. Health Centre is the first line health service that organize health effort to increase awareness, will, and capability for healthy live every resident. Health effort was held to prioritize the quality of service in order to achieve optimal health status. One indicator of quality of health service is patient’s satisfaction level. This research aims to determine and analyze satisfaction level of Jamkesmas patients toward outpatient unit service of Ampenan Health Centre.
Method. This design of research is descriptive analytic by using cross sectional study of Jamkesmas patient toward outpatient unit service of Health Centre Ampenan. Sampling method is consecutive sampling toward 70 patients who indicate in inclution criteria. As for data collecting by using questionnaires that had been validated first.
Result. Generally the result showed that patient satisfaction level in the tangible dimension is unsatisfied 4,3%, quite satisfied 64,3 % , satisfied 28,6% , most satisfied 2,9%. The result of empathy dimension showed that unsatisfied 1,4%, quite satisfied 35,7% , satisfied 38,6% , most satisfied 24,3%. The result of reliability dimension showed that unsatisfied 1,4%, quite satisfied 21,4% , satisfied 62,9% , most satisfied 14,3%. The result of responsiveness dimension showed that unsatisfied 1,4%, quite satisfied 22,9% , satisfied 70% , most satisfied 5,7%. The result of assurance dimension showed that unsatisfied 1,4%, quite satisfied 21,4% , satisfied 68,6% , most satisfied 8,6%.
Conslusion. Generally the result of the research can be concluded that satisfaction level of Jamkesmas patients is satisfied (53,74%) toward outpatient unit service of Ampenan Health Centre.
Keywords : Patient’s satisfaction, Jamkesmas, Outpatient, Health Centre
Tidak tersedia versi lain