Perpustakaan FKIK Unram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Dzaky Ahmada - Nama Orang;

ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
Dzaky Ahmada, Ida Ayu Eka Widiastuti, Rina Lestari
Latar belakang dan tujuan: Stres merupakan bagian yang tak terpisahkan dari dunia pendidikan, khususnya pendidikan kedokteran. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab stres, baik faktor akademik maupun non akademik. Stres yang terjadi pada mahasiswa dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi psikologis mahasiswa dan akan memiliki implikasi yang buruk terhadap kesiapan belajar mandiri mahasiswa atau SDLR (self directed learning readiness). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara tingkat stres dan SDLR mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram tahap preklinik yang memenuhi kriteria inklusi (n=227). Data penelitian yang diambil merupakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner K10 dan kuesioner SDLRS (self directed learning readiness scale). Analisis statistik yang digunakan adalah uji korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dan SDLR.
Hasil: Hasil analisis bivariat dengan mengunakan uji korelasi Spearman didapatkan bahwa nilai signifikansi (p) adalah 0,088 (p>0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan antara tingkat stres dan SDLR mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.
Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara tingkat stres dan SDLR Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.
Kata kunci: tingkat stres, SDLR (self directed learning readiness), mahasiswa kedokteran.





ABSTRACT
THE CORELATION BETWEEN STRESS LEVEL AND SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) AMONG MEDICAL STUDENTS OF MATARAM UNIVERSITY
Dzaky Ahmada, Ida Ayu Eka Widiastuti, Rina Lestari
Background and objective: Stress has been an integral part of education, especially medical education. Many factors, both academic and non-academic, might cause stress. Stress would have negative effects on the psychological condition of students and might have adverse implications on student self-learning readiness or better known as SDLR (self-directed learning readiness). The objective of this study was to determine the correlation between stress level and SDLR among medical students of Mataram University.
Methods: This study employed a cross-sectional study design. The samples of this study were students of the Faculty of Medicine, Mataram University, at the preclinical stage of college, who met the inclusion criteria (n=227). This study used the primary data, which were obtained from both questionnaires K10 and SDLRS (self-directed learning readiness scale). The statistical analysis of this study used the Spearman correlation test in order to determine the correlation between stres level and SDLR.
Results: The result of the bivariate analysis using Spearman method showed that the value of significance (p) was 0.088 (p>0.05), which means there is no correlation between stress level and SDLR among medical students of Mataram University.
Conclusion: There is no correlation between stress level and SDLR among medical students of Mataram University
Keywords: stress level, SDLR (self directed learning readiness), medical students.



Ketersediaan
#
Perpustakaan FKIK Unram 616.85 DZA h 2014 KTI
H1A010011
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
352
Penerbit
Mataram : Fakultas Kedokteran Universitas Mataram., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.85
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
stres
stress
tekanan jiwa
depresi
SDLR
KTI PSPD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FKIK Unram
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan FK Universitas Mataram menggunakan Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System).

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?