Text
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
Dzaky Ahmada, Ida Ayu Eka Widiastuti, Rina Lestari
Latar belakang dan tujuan: Stres merupakan bagian yang tak terpisahkan dari dunia pendidikan, khususnya pendidikan kedokteran. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab stres, baik faktor akademik maupun non akademik. Stres yang terjadi pada mahasiswa dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi psikologis mahasiswa dan akan memiliki implikasi yang buruk terhadap kesiapan belajar mandiri mahasiswa atau SDLR (self directed learning readiness). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara tingkat stres dan SDLR mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram tahap preklinik yang memenuhi kriteria inklusi (n=227). Data penelitian yang diambil merupakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner K10 dan kuesioner SDLRS (self directed learning readiness scale). Analisis statistik yang digunakan adalah uji korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dan SDLR.
Hasil: Hasil analisis bivariat dengan mengunakan uji korelasi Spearman didapatkan bahwa nilai signifikansi (p) adalah 0,088 (p>0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan antara tingkat stres dan SDLR mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.
Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara tingkat stres dan SDLR Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.
Kata kunci: tingkat stres, SDLR (self directed learning readiness), mahasiswa kedokteran.
ABSTRACT
THE CORELATION BETWEEN STRESS LEVEL AND SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) AMONG MEDICAL STUDENTS OF MATARAM UNIVERSITY
Dzaky Ahmada, Ida Ayu Eka Widiastuti, Rina Lestari
Background and objective: Stress has been an integral part of education, especially medical education. Many factors, both academic and non-academic, might cause stress. Stress would have negative effects on the psychological condition of students and might have adverse implications on student self-learning readiness or better known as SDLR (self-directed learning readiness). The objective of this study was to determine the correlation between stress level and SDLR among medical students of Mataram University.
Methods: This study employed a cross-sectional study design. The samples of this study were students of the Faculty of Medicine, Mataram University, at the preclinical stage of college, who met the inclusion criteria (n=227). This study used the primary data, which were obtained from both questionnaires K10 and SDLRS (self-directed learning readiness scale). The statistical analysis of this study used the Spearman correlation test in order to determine the correlation between stres level and SDLR.
Results: The result of the bivariate analysis using Spearman method showed that the value of significance (p) was 0.088 (p>0.05), which means there is no correlation between stress level and SDLR among medical students of Mataram University.
Conclusion: There is no correlation between stress level and SDLR among medical students of Mataram University
Keywords: stress level, SDLR (self directed learning readiness), medical students.
Tidak tersedia versi lain