Text
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
Ryan Prasdinar Pratama Putra, Ida Ayu Eka Widiastuti, Wahyu Sulistya Affarah
Latar belakang: Stres merupakan bagian yang tak terpisahkan dari dunia pendidikan, khususnya pendidikan kedokteran. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab stres, baik faktor akademis maupun non akademis. Stres dapat memberikan efek negatif pada fungsi kognitif dan belajar mahasiswa. Jadi, semakin tinggi tingkat stres, maka semakin tinggi efek negatif yang ditimbulkan yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar mahasiswa.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram tahap preklinik yang memenuhi kriteria inklusi. Data penelitian yang diambil merupakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner K10 dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen akademik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang berupa nilai ujian tulis utama blok. Analisis statistik yang digunakan adalah uji korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan prestasi belajar.
Hasil: Hasil uji korelasi Spearman didapatkan bahwa nilai signifikansi (p) adalah 0,004 yang membuktikan bahwa terdapat hubungan antara tingkat stres dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, dengan nilai kekuatan hubungan antar variabel terbilang sangat lemah (r=-0,192). Arah hubungan yang negatif berarti bahwa semakin tinggi tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa, maka semakin rendah prestasi belajar yang diraih.
Simpulan: Terdapat hubungan antara tingkat stres dengan prestasi belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.
Kata kunci: Tingkat Stres, Prestasi Belajar, Mahasiswa Kedokteran.
ABSTRACT
RELATIONSHIP BETWEEN STRESS LEVELS AND ACADEMIC ACHIEVEMENT IN MEDICAL STUDENTS OF MATARAM UNIVERSITY
Ryan Prasdinar Pratama Putra, Ida Ayu Eka Widiastuti, Wahyu Sulistya Affarah
Background: Stress has become an integral part of educational life, especially medical education. Both academic and nonacademic factors were contributing vulnerability to stress. Stress associated with academic activities has been linked to various negative outcomes, such as poor cognitive function and learning. Stress has a detrimental effect on student’s academic performance. A high level of stress was associated with lower academic achievement.
Methods: A cross sectional study was performed. All the preclinical medical students of Mataram University included in the inclusion criteria were enrolled in the study. The study was conducted using primary and secondary data. The primary data was collected using K10 questionnaire and the secondary data was obtained from academic achievement of medical students, including grade of main written test session. Data were analyzed with spearman method to determine the relationship between levels of stress and academic achievement of medical students in Mataram University.
Results: Bivariate analysis using Spearman method showed that the variable levels of stress (p=0,004) was associated with the medical achievement of medical students. There was a fairly weak negative correlation (r=-0,192) determine a high level of stress was associated with lower academic achievement.
Conclusion: There is a relationship between the levels of stress with the academic achievement in medical students of Mataram University.
Keywords: Level of Stress, Academic Achievement, Medical Students.
Tidak tersedia versi lain