Perpustakaan FKIK Unram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Ryan Prasdinar Pratama Putra - Nama Orang;

ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
Ryan Prasdinar Pratama Putra, Ida Ayu Eka Widiastuti, Wahyu Sulistya Affarah
Latar belakang: Stres merupakan bagian yang tak terpisahkan dari dunia pendidikan, khususnya pendidikan kedokteran. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab stres, baik faktor akademis maupun non akademis. Stres dapat memberikan efek negatif pada fungsi kognitif dan belajar mahasiswa. Jadi, semakin tinggi tingkat stres, maka semakin tinggi efek negatif yang ditimbulkan yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar mahasiswa.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram tahap preklinik yang memenuhi kriteria inklusi. Data penelitian yang diambil merupakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner K10 dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen akademik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang berupa nilai ujian tulis utama blok. Analisis statistik yang digunakan adalah uji korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan prestasi belajar.
Hasil: Hasil uji korelasi Spearman didapatkan bahwa nilai signifikansi (p) adalah 0,004 yang membuktikan bahwa terdapat hubungan antara tingkat stres dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, dengan nilai kekuatan hubungan antar variabel terbilang sangat lemah (r=-0,192). Arah hubungan yang negatif berarti bahwa semakin tinggi tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa, maka semakin rendah prestasi belajar yang diraih.
Simpulan: Terdapat hubungan antara tingkat stres dengan prestasi belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.
Kata kunci: Tingkat Stres, Prestasi Belajar, Mahasiswa Kedokteran.




ABSTRACT
RELATIONSHIP BETWEEN STRESS LEVELS AND ACADEMIC ACHIEVEMENT IN MEDICAL STUDENTS OF MATARAM UNIVERSITY
Ryan Prasdinar Pratama Putra, Ida Ayu Eka Widiastuti, Wahyu Sulistya Affarah
Background: Stress has become an integral part of educational life, especially medical education. Both academic and nonacademic factors were contributing vulnerability to stress. Stress associated with academic activities has been linked to various negative outcomes, such as poor cognitive function and learning. Stress has a detrimental effect on student’s academic performance. A high level of stress was associated with lower academic achievement.
Methods: A cross sectional study was performed. All the preclinical medical students of Mataram University included in the inclusion criteria were enrolled in the study. The study was conducted using primary and secondary data. The primary data was collected using K10 questionnaire and the secondary data was obtained from academic achievement of medical students, including grade of main written test session. Data were analyzed with spearman method to determine the relationship between levels of stress and academic achievement of medical students in Mataram University.
Results: Bivariate analysis using Spearman method showed that the variable levels of stress (p=0,004) was associated with the medical achievement of medical students. There was a fairly weak negative correlation (r=-0,192) determine a high level of stress was associated with lower academic achievement.
Conclusion: There is a relationship between the levels of stress with the academic achievement in medical students of Mataram University.
Keywords: Level of Stress, Academic Achievement, Medical Students.



Ketersediaan
#
Perpustakaan FKIK Unram 616.85 RYA h 2014 KTI
H1A010027
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
388
Penerbit
Mataram : Fakultas Kedokteran Universitas Mataram., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.85
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KTI
stres
stress
tekanan jiwa
depresi
prestasi belajar
KTI PSPD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FKIK Unram
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan FK Universitas Mataram menggunakan Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System).

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?