Text
TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
ABSTRAK
TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
Ida Ayu Kirtiasih, Arfi Syamsun, Wahyu Sulistya Affarah
Latar belakang : Jamkesmas adalah asuransi kesehatan sejak 2008-2013 untuk masyarakat kurang mampu di Indonesia. Di tahun akhir pelaksanaannya Jamkesmas masih memiliki masalah diantaranya kepesertaan, pendanaan dan pelayanan. Kepuasaan pasien Jamkesmas merupakan evaluasi pelayanan yang sudah berjalan, sehingga dapat dijadikan tolak ukur untuk melanjutkan program asuransi kesehatan pemerintah yang baru, yaitu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) khsusnya bagi RSUP NTB.
Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kategorik, dengan desain penelitian adalah cross sectional. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis univariat.
Hasil : Responden jenis kelamin perempuan lebih puas daripada laki-laki. Usia lebih dari 50 tahun lebih puas dari kelompok usia lainnya. Tidak ada Jenjang pendidikan yang mendominasi tingkat kepuasaan. Setiap bangsal perlu memperbaiki pelayanan dari segi variabel reliabillity. Variabel assurance mendapat respon puas lebih tinggi dari pada variabel lainnya. variabel reliabillity lebih rendah mendapat respon puas dari variabel lainnya.
Kesimpulan : Tingkat kepuasaan pasien Jamkesmas terhadap pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat mencapai 74% berdasarkan 5 variabel.
Kata kunci : Kepuasaan, Pelayanan, Pasien, Jamkesmas, Rawat Inap, Rumah Sakit
ABSTRACT
THE SATISFACTION LEVEL OF PATIENT JAMKESMAS THROUGH HOSPITALIZATION SEVICES AT GOVERNMENT PROVINCIAL WEST NUSA TENGGARA BARAT HOSPITAL
Ida Ayu Kirtiasih, Arfi Syamsun, Wahyu Sulistya Affarah
Background: Jamkesmas is a health insurance which is used since 2008-2013 for the poor of Indonesian. The last implementation of Jamkesmas insurance is still facing problems for instance membership, finance and services. The patients satisfaction is one of an evaluation of the services have been done, so it can be used as a benchmark to continue the new health insurance program which is called JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) especially for the government provincial west nusa tenggara barat (RSUP NTB) hospital.
Methods: The type of research is a descriptive study categorical with cross-sectional design. Statistical analysis used univariate analysis.
Results: Respondents of female showed more satisfied compared of men.The most satisfied through the ward unit services showed by group of age over 50. Every ward needs to fix of services based on reability variable. The most satisfaction showed by assurance variable and the lowest is reliabillity variable .
Conclusion: The satisfaction level of patients Jamkesmas through ward unit services at government provincial West Nusa Tenggara Hospital reached 74% base on 5 variabel.
Keywords: Satisfaction, Services, Patients, Jamkesmas, Hospitalization, Hospital
Tidak tersedia versi lain