Perpustakaan FKIK Unram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SDN 13 AMPENAN
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SDN 13 AMPENAN

Ika Putri Yuliani - Nama Orang;

ABSTRAK
HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SDN 13 AMPENAN
Ika Putri Yuliani, Rifana Cholidah, Arfi Syamsun

Latar Belakang: Performa akademik anak yang buruk di sekolah berkaitan dengan nutrisi yang tidak adekuat, khususnya, berhubungan dengan fakta bahwa anak pergi ke sekolah tanpa mengonsumsi sarapan. Hal ini menyebabkan anak tidak memiliki energi yang cukup untuk mencukupi kebutuhan aktivitas sekolahnya di pagi hari, termasuk dalam hal mempertahankan konsentrasi saat belajar.

Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah 51 siswa kelas V SDN 13 Ampenan. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner terpimpin yang telah diujicobakan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis lambda.

Hasil dan Kesimpulan: Pada penelitian dengan 51 responden didapatkan 34 orang (66,7%) responden terbiasa sarapan, 13 orang (25,5%) responden kadang-kadang sarapan, dan sisanya sebanyak 4 orang (7,8%) responden tidak pernah sarapan. Responden yang terbiasa sarapan seluruhnya memiliki konsentrasi belajar yang bernilai positif (favorable). Responden yang kadang-kadang sarapan sejumlah 13 orang (25,5%), 11 orang (21,5%) diantaranya memiliki konsentrasi belajar yang favorable, dan 2 orang (4%) diantaranya memiliki konsentrasi belajar yang bernilai negatif (unfavorable). Responden yang tidak pernah sarapan sejumlah 4 orang (7,8%) responden, dan seluruhnya memiliki konsentrasi belajar yang unfavorable. Terdapat hubungan bermakna antara kebiasaan sarapan dan konsentrasi belajar siswa SDN 13 Ampenan (p = 0,037 ; p < 0,05).

Kata Kunci : kebiasaan sarapan, konsentrasi belajar







ABSTRACT
CORRELATION OF BREAKFAST HABITS WITH LEARNING CONCENTRATION IN STUDENT ATTENDING SDN 13 AMPENAN
Ika Putri Yuliani, Rifana Cholidah, Arfi Syamsun

Background: Poor academic performance in school children associated with inadequate nutrition, in particular, relates to the fact that many children skip breakfasts before they go to school. One effect of skipping breakfast is the lack of energy to meet the needs of morning activities at school, such as maintaining concentration while learning.


Method: This study was an observational analytic study design with cross- sectional approach. The research subjects were 51 fifth grader students of SDN 13 Ampenan. The data were collected by questionnaire that has been tested. Data analysis was performed using the lambda’s hypothesis test.


Result and Conclusion: This study recruited 51 respondents. Among them, 34 respondents (66.7%) are accustomed to breakfast, 13 respondents (25.5%) eat breakfast occasionally, and the remaining 4 respondents (7.8%) do not eat breakfast. All respondents who are accustomed to breakfast had a positive (favorable) concentration. Among the 13 respondents (25.5%) who occasionally eat breakfast, 11 (21.5%) of them had a favorable concentration, and 2 (4%) of them had a negative (unfavorable) concentration. All 4 respondents (7.8%) who do not eat breakfast had unfavorable concentration. There was a significant relationship between breakfast habits and learning concentration of student attending SDN 13 Ampenan (p = 0.037; p


Ketersediaan
#
Perpustakaan FKIK Unram 612.3 IKA h 2014 KTI
H1A011034
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
427
Penerbit
Mataram : Fakultas Kedokteran Universitas Mataram., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
612.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
nutrition
gizi
KTI
nutrisi
konsentrasi belajar
sarapan
KTI PSPD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FKIK Unram
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan FK Universitas Mataram menggunakan Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System).

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?