Text
HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SDN 13 AMPENAN
ABSTRAK
HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SDN 13 AMPENAN
Ika Putri Yuliani, Rifana Cholidah, Arfi Syamsun
Latar Belakang: Performa akademik anak yang buruk di sekolah berkaitan dengan nutrisi yang tidak adekuat, khususnya, berhubungan dengan fakta bahwa anak pergi ke sekolah tanpa mengonsumsi sarapan. Hal ini menyebabkan anak tidak memiliki energi yang cukup untuk mencukupi kebutuhan aktivitas sekolahnya di pagi hari, termasuk dalam hal mempertahankan konsentrasi saat belajar.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah 51 siswa kelas V SDN 13 Ampenan. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner terpimpin yang telah diujicobakan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis lambda.
Hasil dan Kesimpulan: Pada penelitian dengan 51 responden didapatkan 34 orang (66,7%) responden terbiasa sarapan, 13 orang (25,5%) responden kadang-kadang sarapan, dan sisanya sebanyak 4 orang (7,8%) responden tidak pernah sarapan. Responden yang terbiasa sarapan seluruhnya memiliki konsentrasi belajar yang bernilai positif (favorable). Responden yang kadang-kadang sarapan sejumlah 13 orang (25,5%), 11 orang (21,5%) diantaranya memiliki konsentrasi belajar yang favorable, dan 2 orang (4%) diantaranya memiliki konsentrasi belajar yang bernilai negatif (unfavorable). Responden yang tidak pernah sarapan sejumlah 4 orang (7,8%) responden, dan seluruhnya memiliki konsentrasi belajar yang unfavorable. Terdapat hubungan bermakna antara kebiasaan sarapan dan konsentrasi belajar siswa SDN 13 Ampenan (p = 0,037 ; p < 0,05).
Kata Kunci : kebiasaan sarapan, konsentrasi belajar
ABSTRACT
CORRELATION OF BREAKFAST HABITS WITH LEARNING CONCENTRATION IN STUDENT ATTENDING SDN 13 AMPENAN
Ika Putri Yuliani, Rifana Cholidah, Arfi Syamsun
Background: Poor academic performance in school children associated with inadequate nutrition, in particular, relates to the fact that many children skip breakfasts before they go to school. One effect of skipping breakfast is the lack of energy to meet the needs of morning activities at school, such as maintaining concentration while learning.
Method: This study was an observational analytic study design with cross- sectional approach. The research subjects were 51 fifth grader students of SDN 13 Ampenan. The data were collected by questionnaire that has been tested. Data analysis was performed using the lambda’s hypothesis test.
Result and Conclusion: This study recruited 51 respondents. Among them, 34 respondents (66.7%) are accustomed to breakfast, 13 respondents (25.5%) eat breakfast occasionally, and the remaining 4 respondents (7.8%) do not eat breakfast. All respondents who are accustomed to breakfast had a positive (favorable) concentration. Among the 13 respondents (25.5%) who occasionally eat breakfast, 11 (21.5%) of them had a favorable concentration, and 2 (4%) of them had a negative (unfavorable) concentration. All 4 respondents (7.8%) who do not eat breakfast had unfavorable concentration. There was a significant relationship between breakfast habits and learning concentration of student attending SDN 13 Ampenan (p = 0.037; p
Tidak tersedia versi lain