Text
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
ABSTRAK
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
I Made Bayu Sanjaya, Yoga Pamungkas Susani, Rina Lestari
Latar Belakang: Pada studi-studi empirik, telah dibuktikan bahwa pencapaian kompetensi sebagai tujuan dari pembelajaran klinik dipengaruhi oleh lingkungan belajar. Selama sepuluh tahun melaksanakan pendidikan tahap klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram telah melakukan beberapa perubahan dan peningkatan pada komponen-komponen lingkungan belajar kliniknya. Dengan berbagai perubahan yang terjadi pada lingkungan belajar klinik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, maka perlu adanya studi mengenai persepsi mahasiswa tahap klinik terkait lingkungan belajar klinik untuk mengetahui apakah persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar klinik yang tersedia sekarang sudah baik dan sesuai dengan yang diharapkan.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengambilan data secara cross-sectional menggunakan kuesioner Postgraduate Hospital Educational Environment Measure (PHEEM). Sebanyak 120 mahasiswa pendidikan tahap klinik berpartisipasi, yang terdiri atas 45 laki-laki (37,5%) dan 75 perempuan (62,5%). Data digunakan untuk melihat persepsi mahasiswa tahap klinik terhadap lingkungan belajar klinik berdasarkan jenis kelamin, penggunaan logbook baru, dan tahun angkatan. Analisis data dilakukan dengan uji statistik komparatif non parametrik Mann-whitney.
Hasil: Rerata nilai total PHEEM untuk seluruh responden adalah 97,55. Nilai total PHEEM antara kelompok mahasiswa laki-laki dan perempuan memiliki perbedaaan yang bermakna (p=0,016), perbedaan lama koas maupun penggunaan jenis logbook tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan (p=0,593;p=0,491).
Kesimpulan: Persepsi mahasiswa tahap klinik terhadap lingkungan belajar dalam pendidikan klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram memiliki lebih banyak hal positif dibanding hal negatif. Mahasiswa wanita memiliki persepsi yang lebih baik dibanding mahasiswa laki-laki.
Kata Kunci: lingkungan belajar klinik, persepsi mahasiswa klinik, PHEEM.
ABSTRACT
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
I Made Bayu Sanjaya, Yoga Pamungkas Susani, Rina Lestari
Background: Based on empirical studies, it has been proven that the achievement of competence as the goal of clinical learning is influenced by the learning environment. For a decade of conducting the clinical stage education, the Faculty of Medicine of Mataram University has made several changes and improvements to the components of its clinical learning environment. By the various changes that occured in the clinical learning environment of the Faculty of Medicine of Mataram University, it is necessary to held a study about the perception of clinical student related to clinical learning environment to find out whether the student’s perception of the clinical learning environment, which is available now, is good and as expected.
Method: This research use quantitative method with cross-sectional data collecting method using Postgraduate Hospital Educational Environment Measure (PHEEM) questionnaire. Respondents were 120 clinical students, consist of 45 men (37.5%) and 75 women (62.5%). The collected data used to assess the clinical student's perception of the learning environment according to gender difference, clinical study duration, and the types of logbook used. Data analysis was performed by non-parametric comparative statistical test of Mann-Whitney.
Result: The mean of PHEEM total score for all respondents was 97,55. The PHEEM total score between the male and female group of students has significant difference (p=0,016), the difference in clinical study duration and the types of logbook used showed no significant difference (p=0,593;p=0,491).
Conclusion: Clinical student perception of the learning environment in clinical education at the Faculty of Medicine of Mataram University has more positive things than negative things and female clinical students has better perception than male clinical students.
Keywords: clinical learning environment, clinical student perception, PHEEM.
Tidak tersedia versi lain