Perpustakaan FKIK Unram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP  KUALITAS KOMUNIKASI TENAGA KESEHATAN DENGAN  TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP RSUD PRAYA
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS KOMUNIKASI TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP RSUD PRAYA

Iwan Hardiyanta - Nama Orang;

ABSTRAK
HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS KOMUNIKASI TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP RSUD PRAYA

Iwan Hardiyanta, Arfi Syamsun, Hamsu Kadriyan.

Latarbelakang : Komunikasi berperan penting dalam pelayanan terutama dalam membangun pelayanan kesehatan yang baik, bermutu, profesional dan sesuai harapan serta dapat diterima konsumen yang dalam hal ini adalah pasien. Komunikasi yang baik dan berkualitas dapat diukur dari komunikasi yang efektif, yakni apabila pesan diterima dan dimengerti sebagaimana yang dimaksudkan oleh pengirim pesan dan pesan ditindaklanjuti dengan sebuah perbuatan oleh penerima pesan serta tidak ada hambatan untuk hal itu. Berdasarkan pengaduan masyarakat ke Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI), didapatkan 80% dari 135 kasus pengaduan pelayanan disebabkan karena komunikasi yang tidak baik antara penyedia pelayanan dengan pasien. Oleh sebab itu, penelitian ini mencoba mencari hubungan antara persepsi pasien terhadap kualitas komunikasi tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan pelayanan pada pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Praya.
Metode : Rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah concecutive sampling yang merupakan cara pengambilan sampel sampai jumlah sampel minimal terpenuhi. Sampel yang diambil adalah semua pasien rawat inap RSUD Praya. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisis statistik menggunkan analisis deskriptif, spearman, dan regresi linier.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan dalam analisis bivariat terdapat dua faktor kualitas komunikasi yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien, yaitu empathy dan clarity. Sedangkan pada analisis multivariat, tidak didapatkan faktor kualitas komunikasi yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien.
Kata kunci : Kualitas komunikasi, Tingkat kepuasan, Rawat inap.



 
ABSTRACT
RELATIONSHIP BETWEEN PATIENT PERCEPTION OF COMMUNICATION QUALITY WITH LEVEL OF HEALTH CARE SATISFACTION INPATIENT CARE OF PRAYA HOSPITAL

Iwan Hardiyanta, Arfi Syamsun, Hamsu Kadriyan.

Background : Communications plays an important role in medical service, especially to build a better quality, professional and appropriate health care. It also can make the service accepted by the consumer easily, which in this case consumer represent to the patient. A good quality communication can be measured by the effectiveness of communication, when a message is received and understood as intended by the sender of the message and the message followed up with an action by the receiver of the message, and there are no impediments to it. Based on the Indonesian Medical Disciplinary Board Public Complaints (MKDKI), revealed that 80% of the 135 cases of complaints due to inappropriate communication between care providers with patient. Therefore, this study tried to reveal the relationship between patients perceptions of the quality of communication with the level of satisfaction of health workers in the care of inpatient care of Praya hospital.
Methods : This study was cross sectional research. The sample method was consecutive sampling which the sample was taken until the minimal sample was reached. The samples were the patients that come to Inpatient Care Services of Praya Hospital. Data collected by using the questionnaire. Statistical analysis used were descriptive analysis, spearman method and linier regression.
Result : The result of bivariate analysis revealed that empathy and clarity were the factor that can affect level of satisfaction patient in Inpatient Care Services of Praya Hospital. Meanwhile, in multivariate analysis, there were not any factors that significantly influenced communication quality due to satisfaction patient in Inpatient Care Services of Praya Hospital.
Keyword : Communication quality, Level of satisfaction, Inpatient.



Ketersediaan
#
Perpustakaan FKIK Unram 362.12 IWA h 2013 KTI
H1A 007031
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
327
Penerbit
Mataram : Fakultas Kedokteran Universitas Mataram., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
362.12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KTI
layanan kesehatan
pelayanan kesehatan
KTI PSPD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FKIK Unram
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan FK Universitas Mataram menggunakan Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System).

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?