Text
HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PRAYA
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PRAYA
Lalu Shaktisila Fatrahady, Arfi Syamsun, Ardiana Ekawanti.
Latar belakang : Pelayanan kesehatan merupakan salah satu komponen yang menentukan derajat kesehatan masyarakat. Pelayanan kesehatan yang berkualitas merupakan harapan semua konsumen yang dalam hal ini adalah pasien. Kualitas pelayanan yang sesuai harapan akan meningkatkan loyalitas pasien, sehingga pasien akan berkunjung kembali. Beberapa tahun terakhir ini, terjadi penurunan jumlah kunjungan pada pelayanan rawat jalan RSUD Praya. Oleh sebab itu penelitian ini mencoba mencari hubungan antara kualitas pelayanan dengan kunjungan ulang pasien rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Praya.
Metode : Rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah concecutive sampling yang merupakan cara pengambilan sampel sampai jumlah sampel minimal terpenuhi. Sampel yang diambil adalah semua pasien yang berobat ke pelayanan rawat jalan (poliklinik) RSUD Praya. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisis statistik menggunkan analisis deskriptif, spearman, dan regresi liniear.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan dalam analisis bivariat terdapat satu faktor kualitas pelayanan yang tidak mempengaruhi kunjungan ulang pasien, yaitu kehandalan (reliability). Sedangkan pada analisis multivariat didapatkan faktor daya tanggap (responsiveness) dan bukti langsung (tangible) merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kunjungan ulang.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, Kunjungan Ulang, Pasien, Poliklinik.
ABSTRACT
RELATIONSHIP BETWEEN SERVICE QUALITY WITH RE-VISIT PATIENT IN OUTPATIENT CARE OF PRAYA HOSPITAL
Lalu Shaktisila Fatrahady, Arfi Syamsun, Ardiana Ekawanti.
Background: Health care is one component that is very important in public health. The quality of health care is hoped by all customers. In this case, customer in hospital is the patient. A good quality of services will increase loyality of patient, so that the patient will visit again to the hospital. Nowadays, a reduction occured in number of patient in Outpatient Care Services. Therefore, this study tried to find out a relationship between quality of service with re-visit patient in Outpatient Care Services of Praya Hospital.
Methods: This study was cross sectional research. The sample recruitment method was consecutive sampling method which the sample was taken until the minimal sample was reached. The samples were the patient that come to Outpatient Care Services of Praya Hospital. Data collected by using the questionnaire. Statistical analysis use descriptive analysis, spearman method and liniear regression.
Result: The result was as followed, reliability was only one factor of service quality that didn’t affect re-visit patient in Outpatient Care Services of Praya Hospital. While, responsiveness and tangibility were the most influential factor in re-visit patient in Outpatient care of Praya hospital.
Keyword: Service Quality, Re-Visit, Patient, Outpatient Care.
Tidak tersedia versi lain