Text
PENGARUH BLOK KETERAMPILAN BELAJAR TERHADAP SDLR MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
ABSTRAK
PENGARUH BLOK KETERAMPILAN BELAJAR TERHADAP SDLR MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
Anshoril Arifin, Ida Ayu Eka Widiastuti, Dyah Purnaning
Latar belakang: SDL (Self Directed Learning) merupakan metode pendidikan yang digunakan dewasa ini. SDL mengekspresikan kesiapan seorang mahasiswa untuk menerima peningkatan tanggung jawab untuk dirinya dan apa yang ia pelajari. Metode ini menjadi sangat penting bagi mahasiswa kedokteran dalam menerapkan konsep belajar sepanjang hayat untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi seorang dokter. FK Universitas Mataram menetapkan dalam kurikulum bahwa blok yang pertama kali dilalui oleh mahasiswa adalah blok keterampilan belajar. Blok ini membantu mahasiswa untuk memahami proses dan metode pembelajaran serta membantu mahasiswa dalam kesiapan dirinya menjadi seorang yang dapat melakukan belajar mandiri atau SDLR (Self Directed Learning Readiness). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh blok keterampilan belajar terhadap SDLR mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitic quisioner experimental dengan rancangan penelitian pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Mataram semester I tahun 2012. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji T berpasangan.
Hasil: Hasil Uji T berpasangan untuk membandingkan nilai SDLR sebelum dan sesudah Blok Keterampilan Belajar menunjukkan hasil yang tidak bermakna (p>0.05)
Kesimpulan: Blok keterampilan belajar tidak berpengaruh terhadap SDLR mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.
Kata Kunci : SDLR, Blok Keterampilan Belajar, Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran
ABSTRACT
THE LEARNING SKILL BLOCK EFFECTS FOR FIRST YEAR STUDENTS SDLR AT MEDICAL FACULTY OF MATARAM UNIVERSITY
Anshoril Arifin, Ida Ayu Eka Widiastuti, Dyah Purnaning
Background: SDL (Self Directed Learning) is an education method which used by students at Medical Faculty of Mataram University nowadays. SDL express if the students ready or not to recognize their responsibilities improvement for themselves and what have they learn. This method is very important for the students of Medical Faculty to apply the concept of lifelong study to prepare themselves to be a doctor. In the curriculum of Medical Faculty Mataram University, learning skill block established as the first block that students have to pass. This block will help the students to understand the process and the learning method also help them to prepare themselves to be a person who studying independently or SDLR (Self Directed Learning Readiness). The purpose of this research is to know the effect of learning skill block against SDLR of the first year students at Medical Faculty of Mataram University.
Method: This research is an analytic questionnaire experimental with pretest and posttest design research. Population of this research is first year students of Medical Faculty of Mataram University on the first semester year 2012. The data were analyzed by using paired T test.
Result: The result of paired T test analysis showed non-significant difference of SDLR score before and after learning skill block (p>0,05).
Conclusion: There were no effect of learning skill block against SDLR of the first year students at Medical Faculty of Mataram University.
Keywords: SDLR, Block Learning Skill, First Year Student of Medical Faculty
Tidak tersedia versi lain