Text
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN CITRA RUMAH SAKIT ISLAM SITI HAJAR MATARAM
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN CITRA RUMAH SAKIT ISLAM SITI HAJAR MATARAM
Faradila Khoirun Nisa Hakim, Ardiana Ekawanti, Arfi Syamsun.
Latar belakang : Rumah Sakit merupakan sarana kesehatan yang berfungsi sebagai tempat penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Penilaian tingkat keberhasilan rumah sakit biasanya dilihat dari berbagai segi yaitu tingkat pemanfaatan sarana, mutu dan tingkat efisiensi pelayanan. Mengingat Rumah Sakit Islam Siti Hajar Mataram adalah salah satu Rumah Sakit Swasta tertua di Kota Mataram dan memiliki jumlah pasien yang tidak sedikit, maka peneliti bermaksud untuk menindaklanjuti dengan melakukan penelitian mengenai hubungan antara persepsi pasien rawat inap tentang kualitas pelayanan kesehatan dengan citra Rumah Sakit Islam Siti Hajar Mataram.
Metode : Rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling. Sampel yang digunakan adalah semua pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Siti Hajar Mataram. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis bivariat menggunakan metode uji Spearman, dan analisis multivariat menggunakan uji regresi liniear berganda untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dengan citra Rumah Sakit.
Hasil : Hasil analisis multivariat menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan medis, penunjang medis, keperawatan, administrasi dan manajemen memiliki hubungan dengan citra Rumah Sakit. Variabel pelayanan administrasi dan manajemen adalah variabel yang paling dominan. Berdasarkan hasil uji ANOVA, nilai p yang didapatkan adalah 0,000. Nilai Adjusted R2 yang didapatkan adalah 0,634, hal ini menunjukan bahwa persamaan yang didapatkan mempunyai diskriminasi yang baik.
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan medis, penunjang medis, keperawatan, administrasi dan manajemen dengan citra Rumah Sakit Islam Siti Hajar Mataram.
Kata kunci : Persepsi pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Citra Rumah Sakit.
ABSTRACT
RELATIONSHIP BETWEEN INPATIENT PERCEPTION ABOUT HEALTH CARE QUALITY AND THE IMAGE OF MOSLEMS HOSPITAL OF SITI HAJAR MATARAM
Faradila Khoirun Nisa Hakim, Ardiana Ekawanti, Arfi Syamsun.
Background: Hospital is a health facility that serve as a place of healing and restoration of health. The success rate of a hospital is usually evaluated in term of the utilization of facilities, quality and level of service efficiency. Since Moslems Hospital of Siti Hajar Mataram is one of the oldest private hospital in the city of Mataram and it had a great patient’s volume, the researchers intend to follow through with doing research on the relationship between patients’s perception about health care quality in inpatient care and the image of Moslems Hospital of Siti Hajar Mataram.
Methods: A cross-sectional study was performed using consecutive sampling. The participants recruited were patients admitted to inpatient care in the Moslems Hospital of Siti Hajar Mataram. Data were collected using questionnaire. A pilot test was done to evaluate validity and reliability of the questionnaire prior to data collection. Data were analysed with descriptive analysis; bivariate analysis using spearman method; and multivariate analysis using multiple linear regression to determine the effect on the health care quality toward hospital’s image.
Results: Multivariate analysis showed that the variable quality of medical services, supporting examinations, nurses, administration and management significantly affected the image. Administrative and management service was the most dominant variable. Based on the results of the ANOVA test, p-value obtained was 0,000. Adjusted R2 value obtained was 0.634, indicating that the equations was good discrimination.
Conclusion: There is a relationship between the quality of medical services, supporting examination, nurses, administration and management with the image of Moslems Hospital of Siti Hajar Mataram.
Keywords: Patient perception, Inpatient care, Health Care Quality, Image of Hospital.
Tidak tersedia versi lain