Text
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP CITRA RUMAH SAKIT UMUM PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP CITRA RUMAH SAKIT UMUM PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
Pandu Tridana Sakti, Arfi Syamsun, Ardiana Ekawanti.
Latar belakang : Rumah Sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan sentral yang penting sebagai tempat rujukan bagi pasien yang tidak dapat ditangani oleh sentral pelayanan kesehatan yang lebih rendah. Oleh karena itu Rumah Sakit dituntut untuk mampu menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, bermutu dan adil kepada semua pihak. Persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan sesuai harapan akan meningkatkan citra Rumah Sakit. Berdasarkan laporan tahunan RSUP NTB tahun 2011 didapatkan indikasi bahwa mutu pelayanan kesehatan di RSUP NTB masih rendah, oleh karena itu peneliti menganggap perlu untuk melakukan penelitian tentang persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Hal ini perlu dilakukan karena hanya pasien yang dapat menilai sejauh mana mutu pelayanan kesehatan yang diterima, serta apakah pelayanan tersebut sudah sesuai dengan yang diharapkan.
Metode : Rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling yang merupakan cara pengambilan sampel berdasarkan kelas atau strata. Sampel yang digunakan adalah semua pasien rawat inap di RSUP NTB. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis bivariat menggunakan metode uji spearman, dan analisis multivariat menggunakan uji regresi liniear berganda untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap citra Rumah Sakit.
Hasil : Hasil analisis multivariat menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan kesehatan (pelayanan dokter, perawat, administrasi, pemeriksaan penunjang medis, farmasi, gizi, dan fasilitas fisik) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap citra Rumah Sakit. Berdasarkan hasil uji ANOVA, nilai p yang didapatkan adalah 0,000. Nilai Adjusted R2 yang didapatkan adalah 0,966, hal ini menunjukan bahwa persamaan yang didapatkan mempunyai diskriminasi yang baik.
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dokter, keperawatan, administrasi, pemeriksaan penunjang medis, farmasi, gizi, dan fasilitas fisik terhadap citra RSUP NTB.
Kata kunci : Persepsi, Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Citra, Rumah Sakit.
ABSTRACT
RELATIONSHIP BETWEEN INPATIENTS PERCEPTION ABOUT HEALTH CARE QUALITY AND THE IMAGE OF PROVINCIAL GENERAL HOSPITAL WEST NUSA TENGGARA
Pandu Tridana Sakti, Arfi Syamsun, Ardiana Ekawanti.
Background : The hospital is a central care facility that is important as a central referral point for the lower care centers. Therefore, the hospital is required to provide adequate facilities and infrastructure, good quality and equity for all patients. Good perception about the hospital will increasingly improve the good image of the hospital. The 2011 annual report of Provincial General Hospital West Nusa Tenggara indicated that the quality of health services in this hospital was low. It was felt necessary to undergo a research study to find out the inpatients perception of health care. This study is important to conduct because the patient is the only subject that can provide the actual quality of health care that he received, and whether such services are in line with what he expected.
Methods : A cross-sectional study was performed using stratified random sampling, which was a sampling method based on class of the room. The participants chosen were all inpatients of the Provincial General Hospital West Nusa Tenggara. A sample of inpatients was thus obtained of which questionnaires were usable for data analysis. A validity and reliability tested self administered questionnaire was used. Data was analysed with descriptive analysis, bivariate analysis using spearman method, and multivariate analysis using multiple linear regression to determine the effect on the health care quality toward hospital’s image.
Results : Multivariate analysis showed that variables of health care quality (medical service, nurses, administration, supporting examination, pharmaceutical, nutritional, and physical facilities) significantly effected the image of the hospital. Based on the results of anova test, p value obtained was 0.000. Adjusted R2 value obtained was 0.966, indicating that the equation was good discrimination.
Conclusion : There is a relationship between the quality of medical service, nursing, administration, supporting examination, pharmaceutical, nutritional, and physical facilities and the image of the Provincial General Hospital West Nusa Tenggara.
Keywords : Perception, Inpatients, Health Care Quality, Image, Hospital.
Tidak tersedia versi lain