Perpustakaan FKIK Unram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS
PELAYANAN KESEHATAN DENGAN CITRA PUSKESMAS DI KOTA
MATARAM
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN CITRA PUSKESMAS DI KOTA MATARAM

I Dewa Ayu Yulisa Prahasti - Nama Orang;

ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS
PELAYANAN KESEHATAN DENGAN CITRA PUSKESMAS DI KOTA
MATARAM
I Dewa Ayu Yulisa Prahasti, Ardiana Ekawanti, Arfi Syamsun

Latar belakang : Puskesmas merupakan akses pelayanan kesehatan pertama serta
dibangun untuk menyelenggarakan pelayanan dasar, menyeluruh dan terpadu. Oleh
karena itu, perlu dilakukan peningkatan mutu, pemerataan dan keterjangkauan
pelayanan kesehatan puskesmas bagi semua masyarakat. Peningkatan mutu pelayanan
kesehatan puskesmas melalui upaya kesehatan wajib dan upaya kesehatan
pengembangan akan mempengaruhi persepsi pasien terhadap citra Puskesmas di Kota
Mataram. Laporan kunjungan tahun 2008 dan tahun 2011 di Puskesmas Kota Mataram
terdapat perbedaan jumlah kunjungan pasien, dimana Puskesmas Pagesangan
mengalami peningkatan dan Puskesmas Karang Taliwang mengalami penurunan
jumlah kunjungan. Berdasarkan data tersebut, perlu dilakukan penelitian untuk
mengetahui apakah perbedaan ini berkaitan dengan kualitas pelayanan di masingmasing puskesmas di Kota Mataram.

Metode : Rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah consecutive sampling. Sampel yang digunakan adalah
semua pasien yang berobat ke 8 Puskesmas di Kota Mataram. Pengambilan data
dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah
diuji validitas dan reliabilitas. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis
deskriptif, analisis bivariat menggunakan metode uji spearman, dan analisis
multivariat menggunakan uji regresi liniear berganda untuk mengetahui pengaruh
kualitas pelayanan kesehatan terhadap citra Puskemas.

Hasil : Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan
yang paling berpengaruh terhadap citra Puskesmas di Kota Mataram adalah variabel
pelayanan sarana dan prasarana, tenaga kesehatan dan pelayanan administrasi.
Berdasarkan hasil uji ANOVA, nilai p yang didapatkan adalah 0,000. Nilai Adjusted
R2 yang didapatkan adalah 0,683, hal ini menunjukan bahwa persamaan yang
didapatkan mempunyai diskriminasi yang baik.

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan sarana dan prasarana
puskesmas, tenaga kesehatan, tenaga non kesehatan, pelayanan adminitrasi, jaminan
pelayanan puskesmas terhadap citra Puskesmas di Kota Mataram.

Kata kunci : Persepsi Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Citra Puskesmas.

 


ABSTRACT
RELATIONSHIP BETWEEN PATIENT PERCEPTION ABOUT HEALTH
CARE QUALITY AND THE IMAGE OF PRIMARY HEALTH CENTER IN
MATARAM CITY
I Dewa Ayu Yulisa Prahasti, Ardiana Ekawanti, Arfi Syamsun

Background : Primary Health Center is the first health service provider that was built
to provide universal basic, comprehensive and integrated health service that is
intended for the communities. Therefore, it is necessary to improve the quality, equity,
and affordability of primary health center for all of communities. Improving the
quality of primary health center services through the efforts of mandatory health and
health development efforts will affect the patient’s perception about the image of the
Primary Health Center in the city of Mataram. Reports visit in year 2008 and 2011
about primary health center in Mataram city, there are differences in number of patient
visits, where Pagesangan’s Primary Health Center increased and Karang Taliwang’s
Primary Health Center decreased of totals number of visit. Based on these data, it is
necessary to investigate whether these differences are related to quality of service in
each Primary Health Center in City of Mataram.

Methods : The study design was cross-sectional. The sampling technique used was
consecutive sampling method. The samples that used were all of patients who visit 8
Primary Health Center in Mataram city. Data were collected by using questionnaires
research instruments that have been tested for validity and reliability. Statistical
analysis used was statistical descriptive, bivariate analysis using Spearman test, and
multivariate analysis using multiple linear regression test to determine the influence of
quality services towards the image of Primary Health Center.

Results : Multivariate analysis showed that services quality of variables that most
affect the image of the Primary Health Center in Mataram is variable of infrastructure
services, health personnel and administrative services. Based on the result of the
ANOVA test, p-value obtained was 0,000. Adjusted R2 value obtained was 0.683,
indicating that the equation have gained a good discrimination.

Conclusion : There is a relationship between service quality of facilities and
infrastructure in primary health center, health professionals, non-medical personnel,
administrative services, assurance services of community health centers on the image
of Primary Health Center in Mataram city .

Keywords : Perception of patients, Health Care Quality, Image of Primary Health
Center.


Ketersediaan
#
Perpustakaan FKIK Unram 362.12 IDE h 2013 KTI
H1A010046
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
362
Penerbit
Mataram : Fakultas Kedokteran Universitas Mataram., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
362.12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KTI
kualitas layanan
layanan kesehatan
pelayanan kesehatan
KTI PSPD
KTI PSPD 2013
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FKIK Unram
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan FK Universitas Mataram menggunakan Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System).

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?