Text
HUBUNGAN ANTARA KADAR HEMOGLOBIN (HB) DENGAN TINGKAT KECERDASAN INTELEGENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 GUNUNG SARI
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA KADAR HEMOGLOBIN (HB) DENGAN TINGKAT KECERDASAN INTELEGENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 GUNUNG SARI
Wahidah Hardyanti Sukaji, Lina Nurbaiti, Ima Arum Lestarini
Latar Belakang: Anemia merupakan masalah kesehatan yang belum terselesaikan di Indonesia. Keadaan anemia pada siswa SMP dapat mempengaruhi intelegensi, perkembangan kognitif, perilaku, dan prestasi akademik anak. Kecerdasan intelektual dapat dipengaruhi oleh beberapa karena faktor genetik, gizi, dan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Kadar Hemoglobin (Hb) Dengan Tingkat Kecerdasan Intelegensi Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gunung Sari.
Metode: Penelitian survey analitik dengan desain cross sectional ini dilakukan pada populasi siswa kelas VII s/d IX SMPN I Gunung Sari tahun ajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan dengan mengacak kelas sehingga didapatkan sampel sebanyak 56 sampel siswa. Kadar hemoglobin diukur menggunakan Point of Care Testing (POCT) Hemoglobin. Instrumen untuk mengukur kecerdasan intelektual dengan tes intelegensi IST yang dipandu oleh psikolog. Analisis data menggunakan uji Gama- Somers’.
Hasil: Hasil penelitian diketahui 18 siswa (32,1 %) dengan kadar hemoglobin rendah dan 38 siswa (67,9%) memiliki kadar hemoglobin normal. Sebanyak 3 siswa (5,4%) dengan kategori di atas rata-rata, 33 siswa (58,9 %) dengan kategori rata-rata , 13 siswa (23,2%) dengan kategori di bawah rata- rata, 5 siswa (8,9%) dengan borderline, dan 2 anak (3,6%) dengan intellectual deficient. Hasil uji Gama- Somers’ diperoleh nilai r = 0,353 dan p=0,001.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kadar hemoglobin dengan kecerdasan intelegensi siswa SMPN I Gunung Sari.
Kata Kunci : Kadar hemoglobin, kecerdasan intelektual, siswa SMP
ABSTRACT
ASSOCIATION BETWEEN HEMOGLOBIN LEVEL AND INTELLIGENCE QUOTIENT ON STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL I GUNUNG SARI
Wahidah Hardyanti Sukaji, Lina Nurbaiti, Ima Arum Lestarini
Background: Anemia is an unresolved health problem in Indonesia. Anemia in junior high school students can affect the intelligence, cognitive development, behavior, and learning achievement of children. Intellectual intelligence can be affected by several genetic, nutritional, and environmental factors. The objective is to know association between hemoglobin levels with IQ in students of Junior High School in Gunung Sari.
Method: This study is an analytival study with cross sectional design. Population of this study are students of grade VII until IX SMPN I Gunung Sari, year 2017/2018. Sample was taken by random the class, obtained 56 students. Measuring of instruments IQ with IST Intelligence Quotient Test, guided by psychologists. Hemoglobin level was measured using Point of Care Testing (POCT) Hemoglobin. Gamma- Somers’ test is used to asses the association between hemoglobin level and IQ.
Results: There were18 students (32.1%) have low hemoglobin level and 38 students (67.9%) have normal hemoglobin level. As many as 3 students (5.4%) with the above average category, 33 students (58.9%) with the average category, 13 students (23.2%) under the category of average, 5 students (8,9%) with borderline, and 2 children (3.6%) with intellectual deficient. Gama- Somers’ test results obtained the value of r= 0,353 and p = 0,001.
Conclusion: There is an association between hemoglobin level and IQ on students of SMPN I Gunung Sari.
Keywords: Hemoglobin level, intelligence quotient, students of junior high school
Tidak tersedia versi lain