Perpustakaan FKIK Unram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of UJI PENGGUNAAN PROTOTIPE BOARDGAME “TERMOSTED”
DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENGENAI DEMAM
BERDARAH DENGUE PADA PELAJAR SEKOLAH DASAR DAERAH 3T
DI KECAMATAN SUKAMULIA, LOMBOK TIMUR
Penanda Bagikan

Text

UJI PENGGUNAAN PROTOTIPE BOARDGAME “TERMOSTED” DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENGENAI DEMAM BERDARAH DENGUE PADA PELAJAR SEKOLAH DASAR DAERAH 3T DI KECAMATAN SUKAMULIA, LOMBOK TIMUR

I Ketut Suarthaputra Pratama - Nama Orang;

ABSTRAK
UJI PENGGUNAAN PROTOTIPE BOARDGAME “TERMOSTED”
DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENGENAI DEMAM
BERDARAH DENGUE PADA PELAJAR SEKOLAH DASAR DAERAH 3T
DI KECAMATAN SUKAMULIA, LOMBOK TIMUR
I Ketut Suarthaputra Pratama, Eva Triani, Arif Zuhan
Latar Belakang: Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan permasalahan kesehatan
utama didunia. Di provinsi NTB telah tercatat 1.608 kasus DBD pada tahun 2017. Salah
satu kabupaten yang memiliki angka kejadian DBD yang cukup tinggi di NTB yakni di
Kabupaten Lombok Timur. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Indonesia dalam
menangani kasus DBD, salah satunya dengan mengintervensi anak SD. Dewasa ini,
beberapa peneliti memiliki metode baru dalam memberikan penyuluhan kesehatan untuk
anak-anak guna menanggulangi permasalahan DBD, yakni menggunakan boardgame.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas penggunaan boardgame
“Termosted” dalam meningkatkan pengetahuan terkait penyakit demam berdarah dengue
pada anak sekolah dasar daerah 3T di Kecamatan Sukamulia, Lombok Timur.
Metode: Penelitian ini memakai rancangan analitik komparatif tidak berpasangan dengan
pendekatan eksperimental. Subjek pada penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari
kelas 4 dan kelas 5 SDN 2 Dasan Lekong dan SDN 3 Dasan Lekong menjadi 2 kelompok
yaitu kelompok boardgame “Termosted” dan kelompok penyuluhan. Pengambilan data
dalam penelitian ini yakni menggunakan kuesioner yang diberikan sebelum dan sesudah
dilakukannya intervensi. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu hari.
Hasil: Didapatkan bahwa nilai signifikansi pengetahuan yakni p


Ketersediaan
#
Perpustakaan FKIK Unram DTS 610 Ike u 2019
20202670FK
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
766
Penerbit
Mataram : Universitas Mataram., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KTI
KTI PSPD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FKIK Unram
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan FK Universitas Mataram menggunakan Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System).

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?