Text
UJI PENGGUNAAN PROTOTIPE BOARDGAME “TERMOSTED” DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENGENAI DEMAM BERDARAH DENGUE PADA PELAJAR SEKOLAH DASAR DAERAH 3T DI KECAMATAN SUKAMULIA, LOMBOK TIMUR
ABSTRAK
UJI PENGGUNAAN PROTOTIPE BOARDGAME “TERMOSTED”
DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENGENAI DEMAM
BERDARAH DENGUE PADA PELAJAR SEKOLAH DASAR DAERAH 3T
DI KECAMATAN SUKAMULIA, LOMBOK TIMUR
I Ketut Suarthaputra Pratama, Eva Triani, Arif Zuhan
Latar Belakang: Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan permasalahan kesehatan
utama didunia. Di provinsi NTB telah tercatat 1.608 kasus DBD pada tahun 2017. Salah
satu kabupaten yang memiliki angka kejadian DBD yang cukup tinggi di NTB yakni di
Kabupaten Lombok Timur. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Indonesia dalam
menangani kasus DBD, salah satunya dengan mengintervensi anak SD. Dewasa ini,
beberapa peneliti memiliki metode baru dalam memberikan penyuluhan kesehatan untuk
anak-anak guna menanggulangi permasalahan DBD, yakni menggunakan boardgame.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas penggunaan boardgame
“Termosted” dalam meningkatkan pengetahuan terkait penyakit demam berdarah dengue
pada anak sekolah dasar daerah 3T di Kecamatan Sukamulia, Lombok Timur.
Metode: Penelitian ini memakai rancangan analitik komparatif tidak berpasangan dengan
pendekatan eksperimental. Subjek pada penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari
kelas 4 dan kelas 5 SDN 2 Dasan Lekong dan SDN 3 Dasan Lekong menjadi 2 kelompok
yaitu kelompok boardgame “Termosted” dan kelompok penyuluhan. Pengambilan data
dalam penelitian ini yakni menggunakan kuesioner yang diberikan sebelum dan sesudah
dilakukannya intervensi. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu hari.
Hasil: Didapatkan bahwa nilai signifikansi pengetahuan yakni p
Tidak tersedia versi lain