Text
PERANCANGAN PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGENAI STUNTING DAN PRAKTIK PEMBERIAN MPAS
PERANCANGAN PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PROMOSI
MENGENAI STUNTING DAN PRAKTIK PEMBERIAN MPASI
Intan Karmila, Titi Pambudi Karuniawaty, Ika Pramayanti
Latar Belakang: Kejadian stunting di Indonesia saat ini masih tinggi, salah satunya
karena praktik pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) belum optimal. Oleh
karena itu, promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan gizi dan mendorong
perubahan perilaku hidup sehat perlu digencarkan. Salah satu media promosi yang
dapat digunakan berupa permainan, namun permainan edukatif mengenai stunting dan
MPASI belum ada. Tujuan penelitian ini adalah merancang permainan edukatif sebagai
media promosi kesehatan mengenai stunting dan praktik pemberian MPASI.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Uji
coba permainan dilakukan kepada mahasiswa, orang tua, pakar konten dan komunitas
boardgame. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian data
dianalisis secara deskriptif.
Hasil: Penelitian ini menghasilkan permainan edukatif GiMPASI yang dirancang
dengan memperhatikan aspek learning, storytelling, gameplay dan user experience
layer. Uji permainan kepada mahasiswa dan orang tua memperoleh hasil kelayakan
permainan masing-masing 86% dan 89% (sangat layak), sedangkan uji permainan oleh
pakar konten memperoleh hasil akurasi konten sangat baik dan penggunaan bahasa
mudah dipahami (95%); serta kesesuaian yang baik antara tingkat kesulitan konten
dengan karakteristik sasaran permainan (87%). Kelayakan konten permainan secara
keseluruhan mencapai 92% (sangat layak). Uji permainan kepada komunitas
boardgame mendapatkan hasil bahwa GiMPASI tidak memerlukan perubahan mayor
sehingga siap dimainkan.
Kesimpulan: Studi ini menghasilkan GiMPASI sebagai permainan edukatif untuk
promosi mengenai stunting dan praktik pemberian MPASI yang sudah teruji
kelayakannya.
Kata Kunci: Stunting, MPASI, Permainan Edukatif, Promosi Kesehatan, GiMPASI
EDUCATIONAL GAME DESIGN AS A PROMOTIONAL MEDIA ABOUT
STUNTING AND COMPLEMENTARY FEEDING PRACTICES
Intan Karmila, Titi Pambudi Karuniawaty, Ika Pramayanti
Background: The incidence of stunting in Indonesia is still high, partly because the
practice of providing complementary foods (MPASI) is not optimal. Therefore, health
promotion to improve nutritional knowledge and encourage changes in healthy
behavior needs to be intensified. One of the promotion media that can be used is
educational games, but educational games about stunting and MPASI do not yet exist.
The purpose of this study is to design an educational game as a media for health
promotion about stunting and MPASI delivery practices.
Method: This study uses research and development (R&D) methods. Game playtests
are conducted on students, parents, content experts and the board game community.
Data collection techniques using a questionnaire. Then the data are analyzed
descriptively.
Results: This study produced GiMPASI, an educational game that was designed with
attention to aspects of learning, storytelling, gameplay and the user experience layer.
Test games for students and parents get the results of the game worthiness of 86% and
89% (very feasible), while the game test by content experts get very good content
accuracy results and the use of language is easy to understand (95%); and good
compatibility between the level of difficulty of the content and the characteristics of
the game's objectives (87%). The overall game content worthiness is 92% (very
feasible). Game testing to the board game community gets the result that GiMPASI
does not require major changes so it is ready to play.
Conclusion: This study produced GiMPASI as an educational game for the promotion
of stunting and MPASI delivery practices that have been tested for eligibility.
Keywords: Stunting, MPASI, Educational Games, Health Promotion, GiMPASI
Tidak tersedia versi lain