Text
EFEKTIVITAS BOARDGAME “DENGUE HERO” DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI DEMAM BERDARAH DENGUE DAN PENCEGAHANNYA PADA PELAJAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA MATARAM
ABSTRAK
EFEKTIVITAS BOARD GAME “DENGUE HERO” DALAM
MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI DEMAM
BERDARAH DENGUE DAN PENCEGAHANNYA PADA PELAJAR
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA MATARAM
Mochamad Bagus Ferdiawan, Dian Puspita Sari, Sigit Kusdaryono
Latar Belakang : Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi isu kesehatan
secara global hingga saat ini. Indonesia bahkan pernah menjadi peringkat ke-2
tertinggi kasus DBD pada rentang 2004-2011 di 30 negara yang dilaporkan
terdapat kasus DBD saat itu. Upaya pencegahan DBD secara promotif masih
menjadi strategi utama dalam menurunkan angka kejadian DBD. Board game
menjadi metode alternatif baru yang semakin dipertimbangkan dalam memberikan
penyuluhan kesehatan, mengingat hasil yang didapatkan cukup efektif dalam
meningkatkan pengetahuan dan sikap sasaran yang ingin dituju. Penelitian ini
akan meneliti perubahan pengetahuan dan sikap pelajar Sekolah Menengah
Pertama (SMP) di Kota Mataram setelah bermain Board Game ―Dengue Hero‖
dibandingkan dengan mengikuti penyuluhan konvensional tentang DBD dan
pencegahannya.
Metode : Penelitian ini menggunakan studi eksperimental pada siswa kelas 8
SMP Negeri 15 Mataram. Subjek diambil dari 3 kelas berbeda yang dipilih secara
acak dan dibagi menjadi 2 kelompok melalui random assigment, yaitu kelompok
penyuluhan dan kelompok board game ―Dengue Hero‖. Aspek pengetahuan dan
sikap terkait DBD dan pencegahannya dinilai menggunakan kuesioner
pengetahuan (12 buah) dan sikap (14 buah) yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Koefisien Cronbach‘s Alpha untuk pertanyaan pengetahuan 0.808
dan pertanyaan sikap 0.848. Penilaian dilakukan sebelum (pre-test) dan sesudah
(post-test) perlakuan pada kedua kelompok. Analisis statistik dilakukan
menggunakan program SPSS.
Hasil : Sebanyak 64 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini, masing-masing
kelompok 32 siswa. Dengan proporsi jenis kelamin yang sama. Skor rerata
pengetahuan sebelum dan sesudah bermain board game ―Dengue Hero‖ adalah
33.09 (±12.09) dan 55.56 (±14.06). Sementara skor pengetahuan pada kelompok
penyuluhan sebelum dan sesudah intervensi adalah 34,1 (±13.62) dan 78,06
(±14.49). Skor pengetahuan pada kedua kelompok meningkat secara bermakna
sesudah intervensi (p
Tidak tersedia versi lain