Text
DISTRIBUSI GAYA BELAJAR BERDASARKAN PRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
ABSTRAK
DISTRIBUSI GAYA BELAJAR BERDASARKAN PRESTASI
MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS
KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
Nanda Umiyatun Cahaya Ningrum, Mohammad Rizki, Ni Nyoman Geriputri
Latar Belakang: Belajar atau proses perubahan tingkah laku dapat dilakukan
dalam berbagai kondisi dan melalui berbagai cara atau metode yang disebut
sebagai gaya belajar (learning style). Gaya belajar tersebut dapat dipengaruhi oleh
pengalaman, jenis kelamin, etnis dan secara khusus melekat pada setiap individu.
Mengenali gaya belajar sendiri, belum tentu membuat seseorang menjadi lebih
pandai tetapi dengan mengenal gaya belajar, seseorang akan dapat menentukan
cara belajar yang lebih efektif bagi dirinya. Gaya belajar merupakan suatu cara
atau metode yang dimiliki oleh individu dalam menyerap, mengatur, dan
mengolah informasi yang diterima serta dapat menjadi kunci keberhasilan
seseorang dalam belajar.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan
cross sectional. Subjek penelitian adalah 165 mahasiswa Program Studi
Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram angkatan 2017 dan
2018. Data penelitian diperoleh dari pengisian kuesioner VARK oleh mahasiswa
dan dianalisis dengan uji statistik Eta menggunakan aplikasi statistik.
Hasil: Gaya belajar yang paling banyak dimiliki mahasiswa yaitu jenis kinestetik
yang dimiliki oleh 73 (44,24%) mahasiswa, yang terdiri dari 43 orang yang memiliki
IPK kategori baik dan 21 orang kategori sangat baik. Gaya belajar lainnya yaitu
Reading 31 orang (18,79%), Multimodal 29 orang (17,58%), Aural 25 orang
(15,15%), dan Visual 7 orang (4,24%). Berdasarkan hasil analisis statistik, terdapat
hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi akademik
mahasiswa dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,32 yang menunjukkan
bahwa kekuatan korelasinya positif lemah.
Kesimpulan: Gaya belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter
Fakultas Kedokteran Universitas Mataram didominasi oleh gaya belajar jenis
kinestetik.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Prestasi Akademik, IPKix
ABSTRACT
DISTRIBUTION OF LEARNING STYLES BASED ON STUDENT
ACHIEVEMENT OF MEDICAL EDUCATION STUDY PROGRAM AT
THE FACULTY OF MEDICINE MATARAM UNIVERSITY
Nanda Umiyatun Cahaya Ningrum, Mohammad Rizki, Ni Nyoman Geriputri
Background: Learning or behavioural changes can be done due some and few
process and method, it is sometimes called learning style. This case can be
influenced by a lot of thing, such as experiences, gander differentials, ethnicity,
and specifically attached to each individual. Recognizing your own learning style,
not making someone smarter but by knowing the learning style, someone will
determine a more effective way of learning for themselves. Learning style is a
method owned by individuals in absorbing, organizing, and processing
information received and can be the key to one’s success in learning.
Method: This research uses descriptive analytic method with scientific approach
of cross sectional. The subject of this research is 165 students of Medical
Education Study Program at Faculty of Medicine Mataram University, mostly are
class of 2017 and 2018. The data for this research are gained form VARK’s
questionnaires that are answered by students and analyzed by Eta statistical tests
using statistical applications.
Results: The most learning styles of students have are the kinesthetic types owned
by 73 students, which consist of 43 students classified with good GPA and 21
students classified with perfect GPA. Other learning styles are Reading 31 people
(18.79%), Multimodal 29 people (17.58%), Aural 25 people (15.15%), and Visual
7 people (4.24%). Based on statistic analytical, there is a significant correlation
between learning styles with academic achievement with coefficient of correlation
( r ) which resulting of 0,32 shows the correlation is positively weak.
Conclusion: The learning styles of students of the Medical Education Study
Program at the Faculty of Medicine Mataram University are dominated by
kinesthetic learning styles.
Keywords: Learning style, Academic Achievement, Grade-point Average (GPA).
Tidak tersedia versi lain