Text
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN MANEKIN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEDIK PEMASANGAN INFUS DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
ABSTRAK
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN MANEKIN DALAM
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEDIK PEMASANGAN INFUS DI
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
Baiq Denda Putria Ningsih, Isna Kusuma Nintyastuti, Monallisa Nasrul
Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
Latar belakang: Pemasangan infus merupakan tindakan yang paling sering
dilakukan pada pasien dan memerlukan keterampilan dalam melakukan
pemasangan. Penggunaan manekin di kedokteran sangat dibutuhkan karena
mahasiswa kedokteran tidak dapat melakukan percobaan pada subjek manusia
tanpa praktek prosedural keterampilan medik sebelumnya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan manekin dalam
pembelejaran keterampilan medik pemasangan infus.
Metode: Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan desain penelitian cross
sectional pada 95 mahasiswa angkatan 2018 Program Studi Pendidikan Dokter
yang pengambilan sampel mengguanakan teknik total sampling dan sampel
diminta mengisi kuesioner penelitian.
Hasil: Berdasarkan analisis data didapatkan mahasiswa menjawab setuju dan
sangat setuju terhadap empat komponen yang dinilai dalam penelitian antara lain
manfaat penggunaan manekin dalam pembelajaran keterampilan medik
pemasangan infus (91,91%), kualitas manekin pemasangan infus (75%), jumlah
manekin pemasangan infus (77,9%), dan proses pembelajaran keterampilan medik
menggunakan manekin pemasangan infus (92,8%). Modus pada keempat
komponen penelitian adalah setuju yang menunjukkan mahasiswa memiliki
persepsi baik terhadap keempat komponen penelitian.
Simpulan: Mahasiswa memiliki persepsi baik terhadap penggunaan manekin
dalam pembelajaran keterampilan medik pemasangan infus.
Kata kunci: Persepsi mahasiswa, keterampilan medik, manekin, pemasangan
infus.viii
ABSTRACT
STUDENT PERCEPTION OF THE USE OF MANNEQUIN IN LEARNING
MEDICAL SKILLS OF INTRAVENOUS CATHETER PLACEMENT IN
MEDICAL FACULTY OF MATARAM UNIVERSITY
Baiq Denda Putria Ningsih, Isna Kusuma Nintyastuti, Monallisa Nasrul
Faculty of Medicine, Mataram University
Background: Intravenous catheter placement is the most commonly performed
procedure for patients and requires skill when installing. The use of mannequin
for medicine is very needed because medical students cannot conduct experiments
on human subjects without the prior procedural practice of medical skills. This
study aims to determine students' perceptions of the use of mannequins in the
learning of infusion medical skills.
Method: This research method is descriptive with a cross sectional research
design on 95 students of the 2018 Medical Education Study Program where the
sampling technique uses total sampling and the sample is asked to fill out a
research questionnaire.
Results: Based on data analysis, students answered agree and strongly agree to the
four components of research including benefits of using mannequins in learning
medical skills of intravenous catheter placement (91.91%), quality of infusion
mannequins (75%), number of infusion mannequins (77, 9%), and process of
learning medical skills using infusion mannequins (92.8%). The mode in the four
components of research is agree that show students have a good perception of the
four components of research.
Conclusion: Students have a good perception of the use of mannequins in
learning medical skills of intravenous catheter placement.
Keywords: Students’ perception, clinical skills, mannequin, intravenous catheter
placement
Tidak tersedia versi lain