Perpustakaan FKIK Unram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN BPJS KESEHATAN
TERHADAP KEPUASAN PASIEN DENGAN PENYAKIT THT-KL DI
PUSKESMAS KOPANG LOMBOK TENGAH
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN BPJS KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DENGAN PENYAKIT THT-KL DI PUSKESMAS KOPANG LOMBOK TENGAH

Noni Trisna Dewi - Nama Orang;

ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN BPJS KESEHATAN
TERHADAP KEPUASAN PASIEN DENGAN PENYAKIT THT-KL DI
PUSKESMAS KOPANG LOMBOK TENGAH
Noni Trisna Dewi, Hamsu Kadriyan, Eka Arie Yuliyani
Latar belakang: Puskesmas dituntut untuk menyediakan pelayanan kesehatan
dengan mutu pelayanan kesehatan terbaik, yang tidak hanya dapat menimbulkan
kepuasan bagi pasien tetapi juga sesuai dengan standar dan kode etik profesi yang
telah di tetapkan. Di Indonesia, pemerintah mengamanatkan badan penyelenggara
jaminan sosial bidang kesehatan (BPJS-K) untuk mewujudkan terselenggaranya
pemberian jaminan kesehatan guna memenuhi kebutuhan hidup yang layak bagi
setiap pesertanya.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian survey analitik dengan
pendekatan cross sectional. Cara pengumpulan data dilakukan dengan mengisi
lembar kuesioner yang telah disediakan oleh peneliti. Penelitian ini dilakukan di
Puskesmas Kopang Lombok Tengah dengan kriteria inklusi antara lain pasien
THT-KL yang mendaftar di loket puskesmas, pasien yang menggunakan
pelayanan BPJS Kesehatan. Subyek akan di eksklusi bila hanya meminta rujukan
ke fasilitas layanan lanjutan tanpa dilakukan pemeriksaan.
Hasil: Total subjek penelitian berjumlah 75 orang, yang terdiri dari perempuan
sebanyak 49 responden (65,3%) dan sisanya laki-laki. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa terdapat hubungan antara mutu pelayanan BPJS Kesehatan
terhadap kepuasan pasien dengan penyakit THT-KL di Puskesmas Kopang (p =
0,000, r = 0,514) dimana untuk data penyakit terbanyak berdasakan data dari buku
profil Puskesmas Kopang selama 6 bulan terakhir adalah faringitis yaitu sebanyak
86 (73,5%) pasien.
Kesimpulan: Penelitian ini menemukan bahwa mutu pelayanan BPJS Kesehatan
berhubungan erat dengan kepuasan pasien dengan penyakit THT-KL yang berobat
di Puskesmas Kopang (p= 0,000 dan r= 0,514).
Kata kunci: Mutu pelayanan, BPJS-Kesehatan, Puskesmas, kepuasan pasien,
penyakit THT-KL.viii
ABSTRACT
RELATIONSHIP BETWEEN THE QUALITY OF NATIONAL HEALTH
INSURANCE (BPJS) SERVICE WITH PATIENT’S SATISFACTION
AMONG ENT DISEASE IN KOPANG PUBLIC HEALTH CENTER,
CENTRAL LOMBOK
Noni Trisna Dewi, Hamsu Kadriyan, Eka Arie Yuliyani
Background: Public Health Centers have a mandatory to provide health services
with the best quality health sevices, which is not only lead to patient satisfaction
but also applies the professional standard and the proper ethical code. In
Indonesia, the government mandates the national health insurance (BPJS) in order
to meet the needs of a decent life for each patient.
Method: This study used analytical survey research with a cross-sectional
approach. Data were collected by filling out a questionnaire sheets provided by
the researcher. This research was conducted at Kopang Public Health Center
(Puskesmas), Central Lombok with inclusion criteria, including ENT patients who
registered at the Puskesmas counter, patient as member of BPJS. Subjects will be
excluded if they only asked for a referral to a further service facility without being
examined.
Result: The total number of research subject were 75 people, consist of 49
females (65.3%) and the rest were male. The result of this study indicates that
there was a relationship between the quality of BPJS services on satisfaction of
patients with ENT disease at Puskesmas Kopang (p=0.000; r=0.514). Based on
data from Puskesmas Kopang profile book for the last 6 months, pharyngitis was
the most ENT diseases where there were 86 patients (73.5%).
Conclusion: This study found that the quality of BPJS Health services was
closely related to patient satisfaction with ENT disease who sought treatment at
the Kopang Public Health Center (p= 0,000 and r= 0,514).
Keywords: BPJS service, Public Health Center, patient satisfaction, ENT disease.


Ketersediaan
#
Perpustakaan FKIK Unram DTS 610 Non h 2021
20212964FK
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
854
Penerbit
Mataram : FK Universitas Mataram., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KTI PSPD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FKIK Unram
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan FK Universitas Mataram menggunakan Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System).

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?