Text
HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN SKOR KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN KETERAMPILAN MEDIK PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MATARAM
HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN SKOR KECEMASAN
DALAM MENGHADAPI UJIAN KETERAMPILAN MEDIK PADA
MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MATARAM
Nurrahmasia, Emmy Amalia, Dian Puspita Sari
Latar Belakang: Kecemasan merupakan suatu gejala yang timbul dari konflik bawah
sadar yang tidak terselesaikan. Kecemasan ujian merupakan kecemasan antisipatif
yang timbul ketika menghadapi situasi ujian. Setiap individu memiliki cara ataupun
mekanisme koping yang berbeda dalam menghadapi masalahnya. Penggunaan
mekanisme koping yang sesuai membantu seseorang beradaptasi terhadap perubahan
atau beban yang dihadapi, termasuk beban belajar menghadapi ujian. Penelitian ini
meneliti hubungan antara mekanisme koping dengan skor kecemasan mahasiswa
program studi pendidikan dokter dalam menghadapi ujian keterampilan medik, serta
korelasi antara skor kecemasan dengan nilai ujian.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Responden penelitian
ini adalah mahasiswa program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran
Universitas Mataram tahun pertama dan kedua. Data mekanisme koping diambil
dengan menggunakan instrumen Brief COPE, sementara data kecemasan diambil
menggunakan instrumen PTA (Performance Test Anxiety). Keduanya telah
diterjemahkan ke Bahasa Indonesia dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji statistik
yang digunakan adalah uji Mann-Whitney dan uji Spearman.
Hasil: Sebanyak 207 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Skor kecemasan
mahasiswa didapatkan 70.00 (31-94) dan 83.1% menggunakan Problem Focused
Coping. Penggunaan Problem focused coping berhubungan signifikan dengan skor
kecemasan yang lebih rendah (p=0,032). Tidak terdapat hubungan antara skorix
kecemasan dengan hasil ujian keterampilan medik pada mahasiswa tahun pertama
maupun kedua (p > 0.05)
Simpulan: Jenis mekanisme koping yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa
fakultas kedokteran universitas mataram adalah problem focused coping dan jenis
mekanisme koping ini berhubungan dengan skor kecemasan ujian yang lebih rendah.
Kata Kunci: Kecemasan Ujian, Mekanisme Koping, Keterampilan Medikx
ABSTRACT
THE RELATIONSHIP OF COPING MECHANISM AND ANXIETY SCORE
IN FACING MEDICAL SKILL EXAM OF MATARAM UNIVERSITY
MEDICAL STUDENT
Nurrahmasia, Emmy Amalia, Dian Puspita Sari
Background: Anxiety is a symptom that arises from unfinished subconscious
conflicts. Exam anxiety is anticipatory anxiety experienced when student in an
examination situation. Each individual has a different coping mechanism in dealing
with the problem. The use of appropriate coping mechanism helps individuals adapt
to the changes or burden they face, including studying for exams. This study
examined the relationship between coping mechanisms and anxiety score of medical
students in facing clinical skills exam, as well as the correlation between anxiety
score and clinical skills exam score.
Method: This study used a cross-sectional design. The study subjects were first and
second year medical students at the Faculty of Medicine, Universitas Mataram.
Coping mechanism data were obtained using the Brief COPE Inventory, while
anxiety data were obtained using the Performance Test Anxiety (PTA). Both
questionnaires have been translated into Bahasa Indonesia and tested for validity and
reliability. The statistical test used in this study were the Mann-Whitney test and the
Spearman test.
Result: A total of 207 students participated in this study. The participants’ anxiety
score was 70.00 (31-94) and 83.1% using Problem Focused Coping. The use of
Problem Focused Coping was significantly associated with lower anxiety score
(p=0.032). There was no relationship between anxiety score and clinical skills
examination results for the first and second year student (p > 0.05).xi
Conclusion: The use of Problem Focused Coping was prevalent among the first and
second year students participated in this study and this coping mechanism was
associated with lower exam anxiety score.
Keyword: Exam anxiety, coping mechanism, medical skill exam.
Tidak tersedia versi lain