Perpustakaan FKIK Unram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN
NASIONAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH
SAKIT UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2020
Penanda Bagikan

Text

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2020

Putu Sri Sundari Rijasa - Nama Orang;

ABSTRAK
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMINAN
KESEHATAN NASIONAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN
DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2020
Putu Sri Sundari Rijasa, Wahyu Sulistya Affarah, Hamsu Kadriyan
Upaya kesehatan merupakan elemen penting dalam masyarakat sehingga
pemerintah menyelenggarakan program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)
yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Rumah sakit merupakan salah satu
fasilitas penyelenggara BPJS Kesehatan yang memiliki standar pelayanan
minimal yang harus dipenuhi karena berimplikasi pada tingkat kepuasan pasien.
Oleh karena itu perlu dilakukan penilaian kepuasan pasien untuk meningkatkan
kualitas rumah sakit.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan tingkat kepuasan
pasien peserta JKN terhadap pelayanan kesehatan rawat jalan–rawat inap di RS
Universitas Mataram.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode
cross sectional dan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner secara daring.
Analisis data menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) dan
dimasukkan ke dalam diagram kartesius dengan program SPSS versi 26.0.
Responden pada penelitian adalah peserta JKN diantaranya 91 pasien rawat jalan
dan 43 pasien rawat inap sesuai kriteria sampling.
Hasil analisis IPA didapatkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat jalan
dari 5 variabel kualitas yakni 66,42% merasa sangat puas, 25,30% merasa puas,
6,81% merasa cukup puas, 1,18% merasa tidak puas, dan 0,25% merasa sangat
tidak puas. Sedangkan, tingkat kepuasan pasien rawat inap dari 5 variabel
kualitas yakni 68,07% merasa sangat puas, 22,77% merasa puas, 6,98% merasa
cukup puas, 1,17% merasa tidak puas, dan 1,03% merasa sangat tidak puas akan
pelayanan Rumah Sakit Universitas Mataram. Pada diagram kartesius terdapat 5
atribut pada pasien rawat jalan dan 3 atribut pada pasien rawat inap yang menjadi
prioritas karena berada di kuadran I.
Kata kunci: Kepuasan pasien, BPJS, Rumah Sakit Universitas Mataram,
Rawat Jalan, Rawat Inapvii
ABSTRACT
THE DESCRIPTION OF PATIENT’S SATISFACTION OF NATIONAL
HEALTH INSURANCE (BPJS-K) TOWARDS HEALTH SERVICES AT
MATARAM UNIVERSITY HOSPITAL IN 2020
Putu Sri Sundari Rijasa, Wahyu Sulistya Affarah, Hamsu Kadriyan
Health efforts are an important element in society, therefore, the
government provides the Health national coverage (HNC) program which is
organized by national health insurance (BPJS-K). Hospital is one of the BPJS-K
provider facilities which has a minimum service standard that must be met due to
its implications for the level of patient satisfaction. Therefore, it is necessary to
assess patient satisfaction to improve the quality of hospital services.
The study aims to analyze the level of satisfaction in outpatients and
inpatients of HNC participants towards health services at Mataram University
Hospital.
This study was conducted with descriptive quantitative through-cross
sectional method and data was collected using an online questionnaire.
Importance-Performance Analysis (IPA) and cartesian diagram used for the
analysis of 5 quality variables by SPSS version 26.0. The respondent of this study
was HNC participants. There were 91 outpatients and 43 inpatients respondents
that fulfilled the study criteria.
IPA analysis showed that the satisfaction level of outpatients was 66,42%
very satisfied, 25,30% satisfied, 6,81% quite satisfied, 1,18% dissatisfied, and
0,25% very dissatisfied. Meanwhile, the satisfaction level of inpatients was
68,07% very satisfied, 22,77% satisfied, 6,98% quite satisfied, 1,17% dissatisfied,
and 1,03% very dissatisfied with the services of the Mataram University Hospital.
In the cartesian diagram, there are 5 attributes for outpatients and 3 attributes for
inpatients which were a priority because they were in quadrant I. Generally,
outpatient and inpatient were very satisfied. Even so, some service attributes need
to be fixed. Keywords: Patient’s satisfaction, BPJS-K, Mataram University
Hospital, outpatients, inpatients


Ketersediaan
#
Perpustakaan FKIK Unram DTS 610 Put g 2021
20212968FK
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
858
Penerbit
Mataram : FK Universitas Mataram., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KTI PSPD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FKIK Unram
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan FK Universitas Mataram menggunakan Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System).

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?