Text
ANALISIS KESIAPAN TERHADAP PENDIDIKAN INTERPROFESIONAL PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
ABSTRAK
ANALISIS KESIAPAN TERHADAP PENDIDIKAN INTERPROFESIONAL
PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS
MATARAM
Andi Agung Riatmojo1*, Dian Puspita Sari2, Yoga Pamungkas Susani2
Pendahuluan: Kolaborasi interprofesional terjadi ketika dua atau lebih profesi
kesehatan yang berbeda berbagi dan bekerja untuk mencapai tujuan yang sama yaitu
meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Edukasi interprofesional atau
interprofessional education (IPE) diperlukan dalam mencapai kolaborasi
interprofesional. Meneliti kesiapan IPE penting karena kesiapan mahasiswa menjalani
IPE memengaruhi implementasi IPE. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui
perbedaan kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi
Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram terhadap pendidikan
interprofesional dan faktor-faktor yang berhubungan.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang yang dilaksanakan bulan
Februari hingga Oktober 2021. Total 458 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas
Mataram (respons rate 88,07%) melengkapi kuesioner RIPLS untuk mengukur
kesiapan mahasiswa terhadap IPE. Data dianalisis menggunakan uji non-parametrik
Mann-Whitney, Kruskall Wallis, dan Spearman.
Tidak tersedia versi lain