Text
HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK SELAMA COVID-19 PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
ABSTRAK
HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN PRESTASI
AKADEMIK SELAMA COVID-19 PADA MAHASISWA PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS
Latar belakang: Indonesia mengonfirmasi pasien COVID pertama pada tanggal
2 Maret 2020 dan pada tanggal 10 Maret 2021 sudah tercatat sebanyak 1,3 juta
kasus di Indonesia. Studi cross-sectional oleh Guan (2020) yang melibatkan
24.678 mahasiswa di Zhengzhou, Provinsi Henan, Cina, selama Februari 2020
menunjukkan adanya peningkatan prevalensi kecemasan terhadap pandemi
COVID-19 sebanyak 7,3% pada mahasiswa dengan kemampuan kognitif lebih
rendah. Kemampuan kognitif merupakan salah satu faktor internal yang
memengaruhi penilaian prestasi akademik. Berdasarkan latar belakang tersebut
peneliti akan melakukan penelitian tentang Hubungan Tingkat Kecemasan dengan
Prestasi Akademik selama Pandemi COVID-19 pada Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Tujuan penelitian
ini adalah mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan terhadap prestasi
akademik pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran
Universitas Mataram selama Pandemi COVID-19. Penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan
mengenai tingkat kecemasan terhadap prestasi akademik pada mahasiswa
Program Studi Pendidikan Dokter dan memberikan tambahan referensi tentang
tingkat kecemasan terhadap prestasi akademik pada mahasiswa pendidikan dokter.
Metode: penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain penelitian crosssectional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gangguan
kecemasan dengan prestasi akademik pada mahasiswa preklinik program studi
pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram selama pandemi
COVID-19.
Tidak tersedia versi lain