Text
Ekspektasi dan Kesiapan Mahasiswa Mengenai Virtual Reality Sebagai Kebutuhan Bahan Pembelajaran Anatomi di Laboratorium Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
ABSTRAK
EKSPEKTASI DAN KESIAPAN MAHASISWA MENGENAI VIRTUAL
REALITY SEBAGAI KEBUTUHAN BAHAN PEMBELAJARAN
ANATOMI DI LABORATORIUM ANATOMI FAKULTAS
KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM
Bagas Ekasangga Sasongko, Ida Lestari Harahap, Lenny Herlina
Latar Belakang: Anatomi menjadi landasan dasar ilmu-ilmu kedokteran
sehingga penting untuk mempelajari anatomi. Kadaver menjadi modalitas 3D
yang telah digunakan selama berabad-abad lamanya karena kelebihan yang
dimiliki. Dengan bertambahnya institusi pendidikan kedokteran serta
permasalahan berkaitan dengan kesehatan, agama, etika, medikolegal, waktu dan
biaya, menjadikan kadaver semakin langka untuk didapatkan. Hal ini
mengharuskan mahasiswa menambah pemahaman mereka dengan modalitas lain
yang banyaknya berbentuk 2D dengan kekurangannya sehingga perlu alternatif
lain berupa 3D, salah satunya virtual reality. Agar berjalan maksimal, perlu dinilai
ekspektasi dan kesiapan mahasiswa untuk menggunakan virtual reality dalam
pembelajaran anatomi
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan studi cross-sectional dengan
jumlah sampel terkumpul sebanyak 277 mahasiswa Program Studi Pendidikan
Dokter FK Unram Angkatan 2019, 2020 dan 2021. Data dikumpulkan secara
online dengan menggunakan kuesioner yang telah digunakan pada penelitian
sebelumnya dan telah diuji ulang validitas dan reliabilitasnya.
Hasil: Ekspektasi mahasiswa terkategorikan tinggi dengan rata-rata total sebesar
4,09. Pernyataan E4 menjadi pernyataan dengan respon sangat setuju terbanyak,
yaitu 158 mahasiswa. Pernyataan E2 menjadi pernyataan dengan respon sangat
tidak setuju terbanyak, yaitu 8 mahasiswa. Pernyataan E4 menjadi pernyataan
dengan rata-rata tertinggi pada variabel ekspektasi mahasiswa dengan nilai 4,42
dan E3 menjadi yang terendah dengan nilai 3,85. Kesiapan mahasiswa
terkategorikan tinggi dengan rata-rata total sebesar 4,29. Pernyataan K1 menjadi
pernyataan dengan respon sangat setuju terbanyak, yaitu 254 mahasiswa.
Pernyataan K4 menjadi pernyataan dengan respon sangat tidak setuju terbanyak,
yaitu 37 mahasiswa. Pernyataan K1 menjadi pernyataan dengan rata-rata tertinggi
pada variabel kesiapan mahasiswa dengan nilai 4,88 dan K4 menjadi yang
terendah dengan nilai 3,18.
Kesimpulan: Mahasiswa memiliki ekspektasi dan kesiapan yang tinggi terhadap
penggunaan virtual reality dalam pembelajaran anatomi.
Tidak tersedia versi lain