Text
HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN SISTEM DARING DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FK UNRAM SELAMA PANDEMI COVID-19
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN SISTEM DARING DENGAN
FUNGSI KOGNITIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FK
UNRAM SELAMA PANDEMI COVID-19
Luthfiyah Kamila Zavitri, Ghalvan Sahidu, Mohammad Rizki
Latar belakang : Pada tahun 2020, WHO menetapkan COVID-19 sebagai suatu
kejadian pandemi sehingga dalam bidang pendidikan, demi mencegah penyebaran
kasus COVID-19, pembelajaran tatap muka dipindahalihkan menjadi pembelajaran
sistem daring. Penerapan sistem pembelajaran tersebut memiliki dampak pada
atensi dan motivasi mahasiswa sehingga secara tidak langsung dapat
mempengaruhi fungsi kognitif mahasiswa.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain penelitian
cross sectional dan teknik pengambilan data yang digunakan adalah stratified
sampling. Data diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner SCEQ untuk
mengukur keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran sistem daring dan tool
pemeriksaan MoCA-INA untuk mengukur fungsi kognitif.
Hasil : Didapatkan mahasiswa dengan keterlibatan tinggi sebanyak 45 responden
(45%) dan didominasi oleh kelompok jenis kelamin laki-laki dan angkatan 2019,
sedangkan fungsi kognitif pada sebagian besar mahasiswa didapatkan normal yaitu
sebanyak 85 responden (85%) dari semua kelompok responden. Berdasarkan
analisis chi-square, terdapat hubungan yang bermakna (p=0,035) antara
keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran sistem daring dan fungsi kognitif.
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara keterlibatan mahasiswa
dalam pembelajaran sistem daring dengan fungsi kognitif pada mahasiswa
Kata kunci : pembelajaran sistem daring, keterlibatan mahasiswa, fungsi kognitif
Tidak tersedia versi lain